5 Tips Cara Mencegah Perut Membuncit

Perut buncit adalah perut yang terlihat oleh orang lain terasa besar meskipun kadangkala dilihat sendiri saja juga tampak besar. Nama lain perut buncit adalah perut gendut, perut njadun, dan sebagainya. Kalau saya menilai sendiri, biasanya perut buncit dimiliki oleh orang-orang yang sudah mapan kehidupannya, dimana mereka jarang sekali bergerak, ibarat diam saja maka uang akan datang (datang dari HONGKONG kali). Tapi ya belum tentu juga.

Saya sendiri tak suka sama sekali yang namanya perut buncit ini. Lihat saja di luar sana, banyak laki-laki atau perempuan sekarang perutnya buncit-buncit, padahal juga makannya tidak terlalu banyak loh.Perut memang bisa jadi bencana tersendiri dan salah satu penyebabnya adalah makanan. Karenanya, coba lima cara berikut ini untuk mencegah perut buncit.
Yaa Ampuuun...ini perut gede amat

Berikut 5 Tips Mencegah Perut Membuncit:

1. Hindari soda.

Minuman juga dapat membuat perut Anda semakin buncit. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, jurubicara American Dietetic Association, menganjurkan Anda untuk lebih sering minum air putih dan menjauhi minuman berkarbonasi. Sebab, jenis minuman terakhir dapat membuat perut jadi kembung sehingga bentuknya jadi membuncit.

2. Pilih makanan kaya potasium.

Potasium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga perut tidak mudah kembung. Ada begitu banyak makanan dengan kandungan potasium yang tinggi, yang bisa jadi pilihan sehari-hari. Di antaranya adalah buah melon, mangga, hingga sayur-sayuran seperti bayam, tomat, asparagus, dan kacang-kacangan.

3. Batasi gula.

Sebagian orang mengalami masalah dalam mencerna gula buatan, sehingga dapat menimbulkan gas dan gangguan seperti diare, begitu kata Patricia Raymond, MD, ahli gastroenterologi dari Chesapeake. Jika Anda curiga Anda adalah salah satunya, lebih baik kurangi asupan gula dan carilah dalam bentuk yang lebih alami.

4. Antisipasi PMS.

Jika Anda cenderung merasa lebih "bengkak" sebelum atau semasa sedang haid, pastikan Anda mendapatkan asupan kalsium dan magnesium yang cukup setiap harinya. Keduanya dapat membantu meredakan gejala PMS (pre-menstrual syndrome), yang salah satunya adalah perut kembung dan buncit.

5. Konsumsi probiotik.

Probiotik/ Bakteri "baik" ini dapat dikonsumsi secara teratur dan bisa menjauhkan Anda dari perut kembung dan buncit, kata Gazzaniga-Moloo. Bahkan, konsumsi bakteri "baik" juga dapat membantu wanita dengan gangguan irritable bowel syndrome, yang gejalanya meliputi nyeri perut, kembung, sembelit, serta diare.

Sumber probiotik yang baik misalnya terdapat dalam yoghurt, tempe, kimchee, butter milk, krim asam (sour cream), sourdough bread (roti dari adonan yang difermentasikan hingga asam) dan keju cottage (cottage cheese).

Disamping mengkonsumsi makanan sumber probiotik, kita juga perlu mengkonsumsi makanan prebiotik, yang menjadi nutrisi bagi "bakteri baik".

Secara alami senyawa prebiotik terdapat dalam makanan yang banyak mengandung serat seperti biji-bijian; sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran daun hijau serta buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan taoco, kaya akan senyawa prebiotik. Senyawa prebiotik tersebut juga banyak terdapat dalam tepung terigu dari gandum berkulit ari (whole wheat flour), bawang bombai, dan bawang putih.

sumber beautytreats.co.id

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "5 Tips Cara Mencegah Perut Membuncit"

  1. makasiih infonya mas broo :D

    kunjungan baliknya di tunggu :)

    http://www.tips-caramudah.com/

    ReplyDelete
  2. bermanfaat artikelnya..
    salam kenal dan sukses selalu...


    ttp://goo.gl/qMJAiJ

    ReplyDelete