4 Kiat Tetap Dekat Anak Meski Super Sibuk

Super sibuk apapun orang tua, dianjurkan untuk menyempatkan diri menghabiskan waktu dengan buah hatinya. Selain mendekatkan ikatan batin di antara keduanya, ada hal penting lain yang hanya didapat orang tua ketika mereka bercengkerama dengan anaknya.

Menurut psikolog Jodie Benveniste, anak yang cenderung menjaga interaksi dengan orang tuanya bisa berperilaku lebih baik dan hidupnya lebih tenang. Selain itu, anak juga tahu bahwa mereka sangat berarti, penting, dan layak mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya.


Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap bisa menjaga kedekatan dengan anak di tengah padatnya aktivitas:


1. Jadwalkan kapan anda akan menghabiskan quality time dengan anak dalam buku harian atau kalender. Minimal lakukan sebulan sekali.

2. Beri perhatian penuh pada anak ketika anda sedang bersama mereka. Jauhkan semua perangkat elektronik dan dengarkan apa yang diceritakan anak dengan seksama.

3.Ucapkan terima kasih karena mereka sudah menghabiskan waktu bersama anda. Tidak lupa, tanyakan apa yang mereka inginkan di quality time berikutnya.

4. Nikmatilah saat-saat kebersamaan anda dengan buah hati karena saat ia sudah menginjak masa remaja, akan lebih sulit bagi anda untuk bisa menghabiskan waktu dengannya.

Jodie menambahkan memfokuskan satu waktu dengan anak bisa mengetahui apa perspektif mereka tentang segala sesuatu di kehidupan ini. Mereka pun akan lebih terbuka dengan orang tua termasuk hal-hal yang ingin mereka lakukan kelak.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates: