3 Kebiasaan Bikin Cepat Proses Penuaan Dini

Selama ini, yang menjadi asumsi banyak orang tentang penyebab terjadinya penuaan dini ialah kebiasaan merokok yang sulit dihindarkan (candu) dan juga keadaan stres yang berkepanjangan dan tidak berkesudahan.

Siapapun tentu tidak ingin mengalami penuaan dini alias kelihatan lebih tua daripada umur yang semestinya. Banyak orang, terutama kalangan wanita, yang stres ketika ada orang lain yang menyebut dirinya lebih tua dari umurnya. Memang benar bahwa faktor-faktor tersebut merupakan penyebab penuaan dini yang dialami seseorang. Pertanyaannya, apakah hanya itu saja yang menjadi faktor penyebab penuaan dini seseorang?


Ternyata masih banyak hal lainnya yang juga dapat menjadi faktor signifikan seseorang terlihat lebih tua dari umurnya. Berikut merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena dapat mempercepat proses penuaan Anda.

1. Makanan Dimasak Terlalu Lama


Soal makanan juga harus secara detail dan teliti diperhatikan. Waspada dengan makanan yang terlalu lama dimasak di atas penggorengan atau pemanggangan. Makanan yang dimasak dalam suhu yang tinggi akan menghasilkan senyawa yang bisa meningkatkan tingkat peradangan dan meningkatkan resiko timbulnya berbagai macam penyakit.

Ketahuilah bahwa tingkat tertinggi dari senyawa ini berada pada makanan berlemak dan daging, sedangkan yang terendah terdapat pada makanan seperti sayuran. Makanan-makanan tersebut ketika dimasak terlalu matang bisa mempercepat proses penuaan dan sangat erat kaitannya dengan penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga disarankan menghindari makanan siap saji (fast food), daging yang mengandung lemak tinggi, serta makanan olahan. Sebaliknya, untuk menjaga kondisi kesehatan dan penuaan dini perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan segar yang kaya antioksidan.

2. Berlari di Tanjakan atau Tangga


Mungkin Anda terkaget-kaget kenapa kok berlari malah menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada seseorang. Bukannya berlari termasuk kegiatan olahraga dan olahraga sangat dianjurkan karena memiliki efek yang bagus untuk kesehatan. Namun demikian, berlari ternyata tak selamanya baik. Dalam laporan American Orthopedic Society for Sports Medicine (AOSSM) menjelaskan bahwa berlari dengan menanjak ternyata dapat memberikan beban tambahan pada lutut dan pergelangan kaki.

Ketika aktifitas (berlari di tanjakan) tersebut dilakukan, ada setidaknya empat kali peningkatan beban pada lutut yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan dini pada tulang rawan atau yang dikenal juga dengan arthritis. Makanya ketika Anda sedang memiliki program untuk berlari sebaiknya menghindari jalanan yang ada tanjakannya, bahkan bagi mereka yang sudah termasuk kategori pelari berpengalaman sekalipun. Berlari di tempat yang datar dan halus tentunya lebih aman buat Anda.

3. Tidak Menjaga Keseimbangan Tubuh


Pada usia produktif sebaiknya banyak melakukan aktifitas fisik yang akan mengelola dan mengatur gerak tubuh sehingga keseimbangan bisa tetap terjaga. Menjaga keseimbangan tubuh sangat diperlukan dengan banyak berolahraga salah satunya, supaya ketika usia tua tulang-tulang tetap bisa menyangga kondisi tubuh. Tidak pandai-pandai dalam menjaga keseimbangan tubuh akan mengakibatkan proses penuaan yang cepat.
Kebiasaan Buruk saat Duduk

Perhatikan cara duduk Anda jangan sampai terlalu menunduk ke bawah—saat menggunakan laptop misalnya. Jika posisi duduk salah maka efeknya akan menyerang pada bagian tulang leher, punggung, dan lainnya. Kondisi membungkuk diakibatkan kesalahan duduk akan menyebabkan Anda dikira kakek-kakek sekalipun usia masih muda dan produktif. Makanya perhatikan cara duduk Anda dalam keadaan apapun.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai diubah supaya tidak berakibat buruk pada kondisi tubuh. Proses penuaan dini tak hanya terlihat pada kulit yang sudah agak keriput saja, namun juga dicirikan dengan kondisi badan yang membungkuk akibat kebiasaan salah duduk, mata yang tidak jelas lagi melihat, dan lainnya.

Semua tanda-tanda penuaan tersebut bisa dihindari dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten sehingga hasilnya bisa dirasakan secara nyata.

sumbar: http://www.deherba.com/inilah-kebiasaan-kebiasaan-yang-mempercepat-proses-penuaan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Kebiasaan Bikin Cepat Proses Penuaan Dini"

Post a Comment

Labels