Minum Kopi Beresiko Meninggal Lebih Cepat

Ada kandungan antioksidan dalam kopi hanya memberikan manfaat bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Menurut penelitian, kopi jika dikonsumsi lebih dari 4 gelas per hari justru dapat memicu kematian dini khususnya pada generasi muda.


Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of South Carolina ini menemukan bahwa, peningkatan risiko kematian dini di bawah usia 55 tahun berhubungan dengan konsumsi 28 cangkir kopi per pekan.

Jika diambil rata-rata, takaran tersebut setara dengan 4 cangkir per hari.

Hasil pengamatan terhadap 43.727 orang berusia 20 tahun hingg 87 tahun menunjukkan bahwa, konsumsi kopi yang berlebihan meningkakan risiko kematian dini akibat berbagai sebab, termasuk gangguan jantung. Peningkatan risiko paling tinggi teramati pada usia 55 tahun ke bawah, yakni mencapai 56 persen.

Menurut para ilmuwan, konsumsi kopi yang berlebihan akan mengubah sistem metabolisme tubuh dan menutupi berbagai manfaat kopi yang seharusnya didapat. Padahal menurut berbagai penelitian lain, kopi dalam takaran normal justru bisa memperpanjang usia.

Perlu dicatat, dalam penelitian ini keterkaitan anatara minum kopi dengan risiko kematian dini hanya ditemukan pada kelompok usia 55 tahun ke bawah. Di usia lanjut, kecenderungan tersebut tidak teramati dan hal itu tidak banyak dijelaskan oleh para ilmuwan.

"Secara signifikan, hasilnya tidak menunjukkan adanya kaitan antara konsumsi kopi dengan tingkat kematian, karena berbagai sebab pada laki-laki maupun perempuan usia lanjut," kata peneliti Steven Blair, seperti dilansir laman Daily Mail.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Minum Kopi Beresiko Meninggal Lebih Cepat"

  1. Wah saya penggemar kopi banget nih sob, harus dikurangi kayaknya nih....

    ReplyDelete

Labels