Manfaat Minum Kopi yang Lain

Tak perlu diragukan lagi, kopi punya segudang manfaat selama dikonsumsi dalam takaran yang wajar.

Baru-baru ini, para ilmuwan menambah daftar manfaat kopi dari hasil pengamatan pada jari tangan.


Untuk pertama kalinya, pengamatan terhadap 27 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa asupan kafein bisa meningkatkan aliran darah di sekitar jari tangan.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari University of the Ryukyus di Okinawa, Jepang.

Peningkatan aliran darah di jari tangan, menurut para ilmuwan berhubungan dengan peningkatan fungsi pembuluh darah kecil yang ada di tempat lain dari tubuh manusia. Di antaranya bisa ditemukan pada mata, ginjal, juga pada organ-organ reproduksi.

"Temuan ini memberi kita petunjuk bagaimana kopi bisa meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah," kata salah seorang peneliti, Msato Tsutsui MD PhD, seperti dilansir laman Counsel and Heal, Senin (2/12).

Dalam penelitian ini, partisipan yang meminum secangkir kopi berkafein mengalami peningkatan aliran darah di jari tangan hingga 30 persen dibandingkan partisipan yang tidak mengonsumsi kopi. Efek ini bertahan hingga 75 menit setelah minum kopi.

Temuan ini menambah panjang daftar manfaat kopi, yang merupakan salah satu minuman paling populer sedunia. Penelitian lain sebelumnya mengkaitkan kopi dengan penurunan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah seperti misalnya stroke dan sebaganya.

Para ilmuwan melakukan pengamatan pada jari tangan karena bisa teknis pelaksanaannya lebih mudah dibandingkan pada organ yang lain.

Dengan alat bernama Doppler flowmetry, para ilmuwan bisa mengamati aliran darah hingga level mikroskopis tanpa memerlukan prosedur invasif.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Manfaat Minum Kopi yang Lain"

  1. wah dapat pengetahuan baru lagi nih tentang manfaat lain dari yang namanya kopi,makasih Bang untuk artikelnya,,,

    ReplyDelete
  2. Hmmm beruntunglah bagi mereka penikmat kopi.

    ReplyDelete
  3. Knp ya kalo pagi-pagi sy minum kopi suka sakit perut mas bro?
    apa perut sy ga cocok sm kopi.. hahaha

    ReplyDelete

Labels