Hubungan GADGET dengan Sering Mengantuknya Anak

Terlalu berlebihan menggunakan PONSEL pada anak-anak bisa membuat mereka gampang mengantuk.

Menurut penelitian, anak-anak yang masih juga memainkan ponsel di malam hari saat tiba waktunya untuk tidur, memiliki kualitas tidur yang buruk.


Ilmuwan dari Lee University di Lexington, Karla Klein Murdock mengatakan bahwa penelitiannya tidak menemukan adanya hubungan sebab akibat di antara keduanya. Namun dipastikan, ada hubungan nyata antara kebiasaan memainkan ponsel dengan kualitas tidur yang buruk.

Disertai stres ataupun tidak, frekuensi menggunakan ponsel berhubungan dengan indikator kunci gangguan tidur. Di antaranya adalah kurang tidur, butuh waktu lebih lama untuk terlelap, cuma punya waktu sedikit kesempatan untuk benar-benar tidur, dan ngantukan di siang hari.

Namun demikian, anak-anak yang mengalami stres lebih mengalami masalah ini. Kebiasaan memainkan ponsel secara berlebihan bisa memperburuk stres, dan akhirnya semakin mengurangi kualitas tidur. Pada siang hari, anak-anak juga makin sulit menjaga konsentrasi belajar.

"Dengan kata lain, berlebihan menggunakan ponsel bisa memperburuk efek psikologis negatif dari stres," kata Murdock yang melaporkan temuannya itu di jurnal Psychological of Popular Media, seperti dilansir laman Healthday.

Pada saat yang bersamaan, masalah tidur menurutnya juga bisa terjadi karena anak-anak itu melanjutkan pemakaian ponsel saat memang tidak bisa tidur. Akhirnya anak-anak tersebut semakin tidak bisa tidur sehingga efek buruk dari keduanya bisa saling menguatkan.

Anak-anak juga sering mengalami masalah tidur gara-gara terbangun tengah malam saat ponselnya berbunyi. Untuk menghindari gangguan saat ada SMS atau telepon masuk pada tengah malam, sangat dianjurkan untuk tidak membawa ponsel ke tempat tidur.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Hubungan GADGET dengan Sering Mengantuknya Anak"

  1. Saran yang baik
    buat si cilik

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. saya setuju mas, tapi gak cuma anak-anak juga yang bisa mengalami hal seperti itu, remaja dan juga orang dewasa pun bisa mengalami hal serupa bila selalu sering bermain dengan gadget tapi tetap saya suka dengan artikel anda

    ReplyDelete
  3. gadgets are awesome but sometimes over-used
    http://www.sherrylicious7.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. terima kasih telah berbagi info menarik..
    selamat pagi..

    http://goo.gl/Twj8HT

    ReplyDelete
  5. ijin share ya,terimakasih...

    http://goo.gl/PmOYQ6

    ReplyDelete
  6. menarik artikelnya..
    berbagi info ya...

    http://goo.gl/ty9xIa

    ReplyDelete

Labels