Aktivitas Terjelek Sebelum Tidur

Banyak orang yang memilih merilekskan dirinya dengan menonton televisi sebelum tidur.

Saat terbangun di malam hari, sebagian juga memilih menyalakan TV. Padahal menurut survei terbaru, menonton TV adalah aktivitas terburuk yang dilakukan menjelang tidur.

Sebenarnya survei yang sama juga menemukan hal ini dilakukan hampir setiap orang di muka bumi. Bahkan tercatat dua pertiga masyarakat di tiap negara menonton TV minimal satu jam sebelum naik ke atas tempat tidur.

Kabar buruknya, hanya sepertiga yang mau mematikan televisinya, padahal merekalah yang dijamin akan mendapatkan tidur berkualitas.

"Cahaya terang dari TV ini merangsang otak yang dapat menyebabkan pelepasan melatonin, hormon yang penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Dan kondisi yang sama juga berlaku untuk laptop dan tablet, terutama jika disetting dengan cahaya paling terang," kata Dr W. Christopher Winter, M.D seperti dilansir laman Men's Health, Kamis (12/12).

Dr Winter menambahkan jika anda bersikeras menonton TV dengan menurunkan tingkat kecerahan cahayanya (brightness), maka setidaknya pastikan juga konten acara yang anda tonton tidak mengandung unsur kekerasan.

"TV juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang jika kontennya mengandung kekerasan. Misalnya menonton siaran ulang serial lucu seperti Friends jauh lebih baik daripada serial penuh kekerasan misalnya Game of Thrones atau True Blood. Ini sebaiknya ditonton di siang hari saja," katanya lebih lanjut.

Yang lebih sehat daripada menonton televisi menjelang tidur tak lain adalah membaca buku. Bahkan membaca di bawah lampu remang-remang takkan mengganggu produksi hormon melatonin dalam otak.

Justru beberapa studi telah membuktikan jika daya ingat seseorang akan membaik jika sebelum tidur ia rutin membaca buku. sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Aktivitas Terjelek Sebelum Tidur"

  1. padahal selama ini kalau aku pasti di depan tv dulu sebelum tidur

    ReplyDelete

Labels