5 Tip Jitu Agar Bisa Tidur Nyenyak

ADA banyak cara yang ditempuh untuk bisa tidur nyenyak.

Mulai dari mengurangi minum kopi, mematikan lampu dan menghindari nonton film horor yang bisa meningkatkan adrenalin.

Namun cara itu tidak juga mengantrkan kepuasan tidur karena kesulitan untuk memejamkan mata.
Padahal telah lama diketahui jika kurang tidur tidak hanya membuat anda mengantuk keesokan harinya.

Dan jika sudah kronis, kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, depresi, penyakit kardiovaskular hingga penambahan berat badan.

Kalau dulu harga tidak terjangkau, sekarang menjadi terjangkau. Hubungannya dengan tidur nyenyak tentu ada.

Pastikan anda tidak membawa ponsel, apalagi mengirim email atau mengecek Twitter di atas kasur menjelang tidur. Karena saat anda harusnya beristirahat, hal itu akan membuat anda jadi insomnia.

Disarankan satu jam sebelum tidur, matikan ponsel anda dan letakkan berbagai gadget yang anda miliki di laci atau ruangan lain sehingga anda kesulitan untuk menjangkaunya.

Untuk itu, ada

5 Tip Jitu Agar Bisa Tidur Nyenyak:

1. Mandi tepat selepas pulang kerja

"Melakukan aktivitas apapun yang dapat menaikkan suhu tubuh anda, terutama terlalu dekat dengan jam tidur justru membuat anda sulit tidur, karena tubuh perlu mendinginkannya terlebih dulu hingga mencapai suhu yang tepat agar tubuh bisa beristirahat," kata J. Todd Arnedt, Ph.D., direktur University of Michigan Behavioral Sleep Medicine Program.

Sebaiknya mandilah sesaat setelah pulang bekerja, bukannya menjelang tidur.

2. Perhatikan apa yang anda minum di sore hari

Minum kopi atau teh menjelang tidur memang akan mengganggu tidur anda.

"Tapi anda juga harus memperhatikan apa yang anda minum di sore hari," kata peneliti dari Boston University, Joan Salge Blake, RD, seperti dilansir laman ABC News, Senin (9/12).

Blake mencontohkan air dengan rasa tertentu hingga soda rasa jeruk berbahaya jika diminum di sore hari karena dapat mengganggu istirahat malam anda. Untuk itu, Blake juga menyarankan agar sebelum meminum sesuatu, cek dulu labelnya, pastikan tidak ada bahan yang diklaim dapat menambah energi, karena itulah penyebab anda susah tidur di malam hari.

Jika masih ingin meminumnya, pastikan untuk berhenti sebelum jam dua siang.

3. Pilih makanan super pendorong tidur

"Di samping menghindari makanan berat menjelang tidur, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda agar tertidur nyenyak," kata Blake.

Salah satunya adalah pasta (berbahan gandum utuh) yang diberi topping sayuran segar, dada ayam, saus tomat dan taburan keju Permesan untuk makan malam. Makanan ini mengandung kombinasi protein dan tryptophan, asam amino yang nantinya akan diubah menjadi hormon tidur yaitu serotonin dalam tubuh.

4. Latihan peregangan sebelum tidur

Yoga ringan sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran, menstabilkan pernapasan, dan mengurangi ketegangan otot tanpa perlu membahayakan jantung.

5. Redupkan lampu kamar beberapa saat sebelum tidur

Mematikan lampu kamar di saat tidur memang dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur, namun meredupkan lampu rumah sebelum mendekati jam tidur juga penting.

"Terkena cahaya lampu yang terang menjelang tidur dapat membuat seseorang susah tidur," kata Arnedt.

Menurutnya, lampu yang remang-remang memberikan sinyal kepada jam biologis tubuh bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat, begitu juga sebaliknya.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tip Jitu Agar Bisa Tidur Nyenyak"

Post a Comment

Labels