4 Tahap Cara Cek Kanker Testis

Buat kaum pria, memiliki tetis yang sehat sudah menjadi keharusan.

Sebab, testis bekerja untuk memproduksi hormon seks dan sperma untuk reproduksi. Karenanya, kesehatan testis pun sangat penting.


Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa 96 persen laki-laki yang terdiagnosis kanker testis, ternyata bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, kaum pria disarankan agar rutin melakukan pemeriksaan sendiri untuk mendeteksi kemungkinan munculnya kanker testis.

Tanda-tanda atau gejala kanker testis seperti pembesaran atau benjolan di testis, rasa nyeri di perut atau selangkangan, rasa sakit atau tidak nyaman di testis atau skrotum, serta skrotum terasa berat. Jika gejala-gejala ini sudah terasa lebih dari 2 minggu, sebaiknya segera hubungi dokter.

"Setiap laki-laki harus memeriksa testis mereka sendiri, setidaknya sekali sebulan setelah mandi air hangat. Sebab panas menyebabkan skrotum lebih rileks, sehingga akan lebih mudah untuk menemukan sesuatu yang tak biasa," kata Dr Simon Chowdhury, konsultan onkologi medis di London Bridge Hospital seperti dilansir laman Female First, Minggu (4/5).

Lantas bagaimana memeriksa sendiri testis yang kita punyai? Dr Chowdhury memiliki empat cara.

Pertama, tahan kedua testis di telapak tangan anda untuk membandingkan berat yang sama. Testis masih bisa dikatakan normal jika satu testis lebih besar atau turun lebih jatuh dibandingkan yang lain.

Kedua, gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memeriksa kemungkinan adanya benjolan keras sedikit pembesaran pada testis.

Ketiga, mintalah pasangan anda untuk ikut memeriksa testis anda. Sebab, keberadaan pihak kedua cenderung mendorong anda untuk melakukan sesuatu jika memang ada masalah.

Keempat, jika anda menemukan benjolan atau sesuatu yang tampaknya tak biasa bagi anda, segera konsultasikan pada dokter.

sumber
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tahap Cara Cek Kanker Testis"

Post a Comment

Labels