4 Olahraga Paling Tepat Saat Menstruasi

Pada saat tamu bulanan menghampiri perempuan, hasrat untuk bermalas-malasan seringkali meningkat ratusan kali lipat.

Namun jangan sampai menstruasi menjadi alasan anda untuk tidak berolahraga.

Greg Justice, penulis Mind Your Own Fitness, mengatakan, yoga adalah olahraga yang baik terutama untuk meredakan stres akibat PMS (pre menstrual syndrome). Akan tetapi, ada olahraga yang tidak harus dilakukan saat menstruasi.

"Jangan lakukan gerakan yoga dengan posisi kepala di bawah. Ada sebuah teori yang disebut vascular congestion, yang akan membuat darah yang keluar menjadi berlebihan," kata Justice, seperti dilansir laman Women's Health Magazibe.


Menurut Justice, saat berdiri dengan kepala di bawah, aliran dalam pembuluh darah pada rahim akan semakin tertekan. Hal inilah yang menyebabkan lebih banyak darah keluar.

Justice menyarankan jenis olahraga lain, yang lebih aman dan tidak berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Kalaupun anda tetap memilih yoga, pastikan kepala anda tetap berada di atas.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman anda lakukan saat menstruasi.

1. Yang paling sederhana adalah berjalan kaki dan berlari.

2. Selain itu senam aerobik juga baik, sebab tidak terlalu membebani tubuh dan seringkali tujuan aerobik adalah untuk kesenangan.

3. Jika anda hobi dance atau tari-tarian lainnya, tetaplah menari meski sedang menstruasi.

4. Yang terakhir adalah planking.

Planking adalah berbaring tengkurap di lantai, meletakkan lengan dan siku di bawah dada, kemudian mengangkat tubuh hanya dengan menggunakan tangan dan ujung kaki.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Olahraga Paling Tepat Saat Menstruasi"

  1. Olahraga lari-lari kecil maupun lari cepat malah akan lebih baik

    ReplyDelete