3 Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Cinta

Masa anak-anak memang indah.

Segala sesuatunya terasa sangat sederhana dan ajaib karena bisa berubah dengan cepat. Termasuk dalam urusan cinta, mereka percaya bahwa ciuman dari ibu atau ayah bisa menyembuhkan luka mereka.

Bagi anak perempuan, mereka percaya bahwa suatu hari akan bertemu dengan pangeran tampan. Meskipun pada kenyataannya, anak-anak belum terlalu paham jika sebenarnya cinta merupakan salah satu aspek kehidupan yang cukup rumit.


Menurut Dr. Elizabeth Seeley-Wait, psikolog anak dan pendiri The Children’s Psychology Clinic di Sydney, sebenarnya orang tua bisa membantu anak-anak mereka memahami cinta di usia muda hingga mereka bisa beradaptasi dengan permasalahan cinta yang akan mereka hadapi kelak.

"Anak bisa belajar cinta dari apa yang dilakukan orang tuanya dengan menunjukkan perbuatan yang menyenangkan dan menunjukkan kasih sayang," kata Elizabeth, seperti dilansir laman Essential Kids.

Ruth Taylor, pendidik senior di Relationships Australia mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk menjadi role model hubungan cinta bagi anak-anaknya terutama yang sudah remaja.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan apa itu cinta kepada anaknya, seperti dikutip dari Essential Kids, Kamis (26/12).

Berikut 3 Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Cinta:

1. Tonjolkan tindakan dibanding kata-kata

Tidak ada salahnya jika anda menunjukkan implementasi dari rasa cinta kepada anak-anak. Misalnya melalui pelukan, belaian, atau mencium mereka serta suami namun masih dalam batas wajar.

2. Berbicara tentang cinta

"Bukalah topik pembicaraan santai tentang cinta dengan anak anda. Jangan terlalu memaksakan pendapat anda dan dengarkan apa yang dipikirkan anak ketika mereka bicara tentang cinta. Akan lebih baik jika anda bisa memancing pertanyaan mereka seputar cinta dan hubungan dengan orang lain termasuk lawan jenis," kata Elizabeth.

3. Beri tahu kebaikan dan keburukan dalam sebuah hubungan

Menurut Elizabeth, ketika tengah berdebat dengan suami, tidak ada salahnya anda membiarkan anak melihatnya, termasuk ketika anda sudah berbaikan.

Dengan begitu, anak akan tahu bahwa ada suka dan duka dalam sebuah hubungan. Mereka juga lebih memahami bahwa apa yang mereka ketahui di dongeng-dongeng tidak bisa disamakan dengan realita yang ada. sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "3 Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Cinta"

  1. cinta itu kan gak melulu tentang hubungan pria dan wanita kan sob? jd alangkah baiknya mengajarkan cinta secara universal terlebih dahulu kpd anak, hingga nantinya bertahap ke lingkup yg lebih kecil.

    pa kabar sob? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bertahap om mengajarkannya
      kabar baik om

      Delete
  2. Ciuman kasih sayang
    itu cara saya yang terus terang
    buat keluarga tercinta dan tersayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat keluarga ciuman tak apa mbak
      tiap kata yg ditulis Mbk Anis selalu indah

      Delete
  3. cinta memang harus di perkenalkan sejak dini sob :) nice share

    ReplyDelete

Labels