Sakit Apa Belakang Dada Terasa Terbakar

PERNAHKAN anda mendengar istilah heartburn? Kalau belum, mungkin justru anda malah pernah merasakannya.

Heartburn adalah sensasi terbakar di belakang tulang dada yang sangat tidak nyaman berada tepat dan biasanya datang bergelombang.

Kondisi ini secara medis dikenal sebagai pyrosis atau gangguan pencernaan asam.


Namun berhati-hatilah jika anda mulai sering merasakan heartburn. Sebab, studi yang dipublikasikan Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention di Amerika Serikat menunjukkan bahwa heartburn dapat mengakibatkan kanker tenggorokan dan pita suara.

"Penelitian sebelumnya yang memeriksa refluks lambung, kanker kepala dan leher telah menghasilkan hasil yang beragam. Namun, hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa, refluks lambung yang menyebabkan mulas dan sensasi terbakar di dada, merupakan faktor resiko penyebab kanker faring (tenggorokan) dan laring (pita suara)," kata peneliti postdoctoral dari University Brown, Amerika Serikat, Scott M Langevin, seperti yang dilansir laman The Indian Express, baru-baru ini.

Levin dan rekan-rekannya meneliti 631 pasien yang diminta menyelesaikan kuesioner tentang sejarah mereka mulas, kebiasaan merokok dan minum, riwayat kanker pada keluarga dan informasi sosiodemografi.

Tim menemukan bahwa di antara peserta yang bukan perokok berat atau peminum berat, riwayat sering mulasnya terkait dengan 78 persen peningkatan risiko kanker tenggorokan dan pita suara.

Identifikasi refluks lambung sebagai faktor risiko untuk kanker tenggorokan dan pita suara, bagaimanapun memiliki implikasi yang sangat baik bagi pasien tahap awal penderita kanker tersebut.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sakit Apa Belakang Dada Terasa Terbakar"

Labels