Penyebab Kesulitan Minum Pil Menurut Ahli Bedah

Apakah pernah Anda melihat ada orang di sekitar anda yang sudah cukup dewasa namun masih kesulitan saat minum obat?

Stephen Cassivi, seorang ahli bedah dada di Mayo Clinic Rochester, Minn, menjelaskan apa yang mungkin menjadi penyebabnya.

"Orang-orang yang memiliki kondisi kesulitan menelan, yang disebut disfagia, mungkin memang sudah secara alami sejak kecil mengalami kesulitan menelan. Namun umumnya kondisi ini muncul sebagai hasil dari masalah lain, seperti stroke, pasca operasi atau mungkin gastroesophageal reflux," kata Cassivi, seperti dilansir laman Fox News.


Sementara bagi sebagian yang lain, kesulitan menelan pil obat biasanya terkait dengan rasa takut tersedak. Rasa takut ini bisa berasal dari pengalaman buruk sebelumnya dengan minum pil.

"Cukup banyak orang yang mengatakan mereka tak mau minum obat karena takut tersedak. Pengalaman buruk dapat menyebabkan seseorang berpikir bahwa pil tersebut berbahaya dan dengan demikian secara alami pikiran tersebut mempengaruhi otak. Sehingga menyebabkan otot-otot kerongkongan refleks mengencang," kata Cassivi lebih lanjut.

Untuk dapat menelan pil dengan mudah, seseorang harus lebih tenang dan berusaha untuk tidak khawatir. Dengan begitu otot-otot kerongkongannya akan mengendur secara alami.

Cassivi melanjutkan, ada tiga tahap untuk menelan yaitu oral (mengunyah, melembabkan dan mendorong makanan ke bagian belakang mulut); faring (meliputi penutupan laring oleh epiglotis dan pita suara, serta penghambatan sementara bernapas saat makanan lewat); dan esofagus (kontraksi berirama kerongkongan untuk mendorong makanan ke perut).

"Kita memiliki kemampuan bawah sadar untuk tahu kapan makanan yang dibasahi dan cukup dikunyah akan dikirimkan ke bagian belakang kerongkongan," pungkas Cassivi.

Menurut Cassivi, tahap oral merupakan tahap sukarela dan menjadi kunci untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan untuk menelan pil obat.

sumber
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab Kesulitan Minum Pil Menurut Ahli Bedah"

  1. bisa diatasi dengan cara mengunyahnya terlebih dahulu. ^^

    ReplyDelete