6 Cara untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes ini merupakan salah satu penyakit yang menakutkan.

Diabetes sering dikenal di Indonesia dengan nama penyakit kencing manis, karena diabetes berhubungan dengan gula darah.

Diabetes sendiri merupakan peyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total, sehinga sebelum terkena penyakit diabetes, alangkah baiknya jika kita mengetahui cara untuk mencegah penyakit ini.

"Jika anda berpikir bahwa diabetes hanya beresiko bagi orang lanjut usia, anda lebih baik berpikir dua kali. Diabetes dapat menyerang individu dari segala usia. Untuk mencegah diabetes, saya akan memberikan anda beberapa tips sederhana," kata ahli gizi dan diabetes educator, Dr. Sunita Pathania, seperti yang dilansir laman Times of India.


Berikut ini 6 Cara untuk Mencegah Penyakit Diabetes:


1. Berolahraga secara teratur

Faktor utama dari diabetes adalah naiknya kadar gula darah. Hal ini umumnya disebabkan oleh metabolisme tubuh yang rendah, sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Makanan kaya serat

Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan serat. Makanan berserat tinggi membantu tubuh melepas glukosa secara perlahan, yang pada gilirannya akan mencegah peningkatan kadar glukosa darah

3. Hindari lemak trans

Banyak penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans (lemak buatan manusia yang diolah dengan cara memadatkan minyak cair, biasanya minyak sayur dengan gas hidrogen yang dikenal dengan proses hidrogenisasi), seperti burger dan kentang goreng dapat menyebabkan diabetes. Selain itu, kandungan kadar lemak trans yang tinggi dalam tubuh juga dapat menyebabkan masalah jantung.

4. Hindari karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan sering ditemukan dalam makanan manis, seperti permen dan sereal kering, yang mendorong kenaikan berat badan. Nah, kenaikan berat badan itulah yang pada akhirnya menyebabkan diabetes

5. Jangan terlalu sering minum teh atau kopi

Orang yang minum lebih dari empat cangkir kopi atau teh setiap hari memiliki risiko menderita diabetes. Oleh karena itu, jagalah asupan kinsumsi teh dan kopi anda.

6. Sarapan Setiap Pagi

Tidak peduli seberapa sibuk anda, jangan lupa untuk sarapan setiap hari, karena membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu untuk mengontrol nafsu makan anda, tetapi juga membantu untuk mengontrol konsumsi kalori anda dan juga pada akhirnya dapat membantu mencegah berat badan.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6 Cara untuk Mencegah Penyakit Diabetes"

  1. 6 cara yang wajib dilakukan demi kelangsungan hidup kita. ^^

    ReplyDelete

Labels