12 Ciri Hamil Tanpa Tes Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri, karena dengan kehadiran buah hati memberikan kesempurnaan kebahagiaan dalam rumah tangga, akan tetapi ada juga mereka yang menunda kehamilan karena alasan tertentu, dan tidak sedikit pula yang ingin segeramendapatkan momongan sesaat setelah menikah.


Saat ini untuk mengetahui awal kehamilan para pasutri sudah dimudahkan dengan test pack dimana jika sesaat setelah pengetesan ada dua garis atau tanda positif di alat cek kehamilan pastinya akan membuat pasutri sangat bahagia.

Namun selain cara tersebut berikut ini ada beberapa tanda tanda awal kehamilan atau ciri-ciri orang hamil yang mungkin sedang anda alami dikutip dari berbagai sumber.

12 Ciri Hamil Tanpa Tes

1. Terlambat Menstruasi.

Tanda awal kehamilan yang paling mudah dikenali adalah terlambat datangnya siklus bulanan. Hal ini terjadi karena saat terjadi implantasi embrio (sel telur yang sudah dibuahi) di dinding rahim atau endometrium, ovarium menghentikan produksi ovum sampai terjadi kelahiran dan mengaktifkan hormon progesteron untuk memelihara dinding rahim sebagai pendukung untuk perkembangan janin. sebaliknya, jika tidak terjadi pembuahan/fertilisasi, hormon progesteron menghentikan perannya untuk sementara ketika ovum yang belum dibuahi sampai di uterus, dan dinding rahim luruh bersama ovum yang mati.




2. Nafas menjadi lebih pendek.

Bila kegiatan berjalan kaki yang rutin Anda lakukan dari tempat parkir ke kantor kini malah membuat Anda terengah-engah, bisa jadi ini tanda Anda sedang hamil. Janin yang sedang tumbuh memerlukan oksigen sehingga jatah oksigen Anda berkurang. Hal ini akan terus berlanjut sepanjang kehamilan.

3. Payudara membengkak.

Payudara yang semakin bengkak dan terasa lebih lembut, warna aerola yang semakin gelap, serta guratan pembuluh darah yang timbul merupakan tanda awal kehamilan.

4. Sering Kelelahan.

Jika Anda mendadak merasa mudah lelah, mungkin itu merupakan respon pada peningkatan hormon di dalam tubuh. Pada kebanyakan wanita, rasa kelelahan ini biasanya dialami di tri semester pertama kehamilan.

5. Merasakan Mual.

Kebanyakan wanita mengalami gejala mual-mual pada usia kehamilan 6 minggu, tetapi ada juga yang mengalaminya lebih awal.



6. Sering buang air kecil.

Tidur nyenyak Anda belakangan ini sering terganggu karena harus sering bangun untuk buang air kecil? Bisa jadi ini tanda kehamilan karena saat berbadan dua tubuh menghasilkan ekstra cairan sehingga kandung kemih bekerja lebih keras dan Anda merasa terus ingin buang air kecil.

7. Sakit kepala.

Tak sedikit wanita yang mengeluhkan sakit kepala di awal kehamilan. Ini merupakan akibat dari perubahan hormon. Karena itu berhati-hatilah dalam memilih obat pereda nyeri yang dikonsumsi.

8. Kram perut.

Apakah kram perut yang diderita akibat PMS atau kehamilan? Agak sulit dipastikan, tetapi gejala kram perut juga bisa jadi pertanda rahim melebar untuk menyiapkan tempat bagi pertumbuhan bayi.

9. Sembelit dan kembung.

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan bisa menyebabkan sistem pencernaan melambat yang berakibat pada kesulitan buang air besar dan perut terasa kembung.




10. Perubahan mood.

Perubahan emosi yang terjadi bisa jadi disebabkan perubahan hormon karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon yang baru.

11. Indra penciuman lebih sensitif.

Ciri orang hamil diantaranya adalah merasakan indra penciumannya lebih sensitif pada bau di masa awal kehamilan.

12. Nafsu Makan Berkurang dan Mengalami Ngidam.

Saat memasuki trimester pertama kehamilan, akan merasakan malas makan sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Tidak hanya itu saja, anda juga akan merasakan mual saat mencium bau yang menyengat, seperti bau amis, bau masakah, dan sebagainya. Biasanya anda juga akan merasakan ngidam atau ingin makan sesuatu.

Apakah anda merasakan gejala atau tanda tanda seperti ditatas, jika memang merasakan silakan anda melakukan test kehamilan serta mengujungi bidan atau dokter terdekat.

sumber:
aktualpost.com

Subscribe to receive free email updates:

Labels