10 Tips Mengatasi Rasa Takut Terhadap Proses Melahirkan

Istri yang mengetahui akan segera memiliki momongan pasti menjadi hal yang membahagiakan bagi setiap wanita.

Namun terkadang, menjelang kelahiran si kecil, banyak wanita yang justru stres dan takut untuk melahirkan. Bahkan, mereka jadi ragu apakah mampu melahirkan anaknya.

"Ada banyak ketakutan dan ketidakpastian. Terlepas dari rasa sakit, wanita berurusan dengan sejumlah emosi selama kehamilan. Mereka memikirkan apakah mampu melahirkan secara normal dan bagaimana jadi orang tua yang baik," kata psikolog klinik di Los Angeles, Dr. Francine Lederer, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (12/11).

Jika anda khawatir terhadap proses melahirkan, berikut ini cara untuk mengatasi rasa takut anda.


10 Tips Mengatasi Rasa Takut Terhadap Proses Melahirkan


1. Dapatkan pengetahuan

"Kelas melahirkan bisa membantu anda mempersiapkan diri, memberi rasa percaya diri, dan mengelola rasa takut. Pengajar kelas melahirkan bisa memberi informasi yang tidak menakutkan dan membantu menghilangkan mitos seputar kelahiran yang menyeramkan," kata Tara Owens Shuler, presiden Lamaze International.

2. Pilih pelayanan kesehatan dengan hati-hati

Penyedia layanan kesehatan sangat mempengaruhi pengalaman perempuan saat melahirkan pertama kali. Menurut Shuler, saat mencari penyedia layanan tersebut, sebaiknya ajukan pertanyaan yang bisa meyakinkan anda bahwa tempat itu akan membantu anda melahirkan dengan baik.

3. Teguhkan pilihan

Banyak wanita yang memilih keputusan saat ia melahirkan namun justru merasa tertekan. Sebab, mereka merasa keputusan yang diambil bisa membuat mereka disalahkan.

"Jangan terlalu banyak berharap pada orang lain karena semua harapan ada di diri anda," kata Lederer.

4. Latihan relaksasi

Latihan pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, dan meditasi kesadaran bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran anda sehingga kecemasan yang dialami bisa diminimalisir.

5. Gunakan panduan imajinasi

"Berlatih visualisasi membayangkan yempat yang aman jika anda mulai merasa kewalahan saat bersalin bisa berguna bagi anda. Belajarlah pada terapis atau komunitas yang bisa melatih imajinasi anda," kata Lederer.

6. Sambungkan tubuh dan pikiran

Menurut jurnal internasional obstetri dan ginekologi, ketakutan bisa membuat persalinan lebih lama. Tapi jika anda menyadari apa yang terjadi di dalam tubuh anda selama persalinan, anda akan lebih mampu menangani emosi anda.

7. Berhenti dengarkan cerita

Pengalaman melahirkan teman anda mungkin membuatnya trauma dan dengan ceritanya ia merasa bisa membantu anda mendapat pengalaman.

"Sebaiknya hindari mendengarkan cerita menyeramkan seperti itu karena justru akan menambah kecemasan anda," kata Shuler.

8. Memahami nyeri saat melahirkan

Tidak seperti jenis nyeri lainnya, nyeri selama melahirkan tidak perlu diatasi karena nyeri itu memang benar-benar ditujukan untuk membawa bayi ke dunia. Jika anda lebih memahami nyeri itu dan tahu cara mengatasinya, maka anda akan lebih percaya diri dalam menjalaninya.

9.Buat pengalaman sendiri

"Daripada membandingkan diri dengan ibu-ibu lain, lebih baik membuat keputusan berdasarkan apa yang anda alami dan dapat tangani dengan baik," kata Lederer.

10. Cari dukungan

Bicarakan ketakutan anda kepada orang di sekitar termasuk anggota keluarga, terapis, atau komunitas ibu lainnya untuk mengurangi kecemasan anda.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Mengatasi Rasa Takut Terhadap Proses Melahirkan"

Post a Comment

Labels