Terlalu Sering Pakai Tablet Bikin Kurang Pede

Majunya teknologi dan banyak bermunculannya gadget dengan layar sentuh seperti iPad atau smartphone berlayar penuh tanpa keyboard, tak dipungkiri memang semakin memudahkan penggunanya.

Namun menurut sebuah studi baru, kebiasaan mengetik di gadget yang berukuran kecil justru menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.


Studi yang digelar tim peneliti dari Harvard Business School ini menuturkan, dibanding orang-orang yang menghabiskan waktu beberapa menit untuk bekerja atau beraktivitas di gadget berukuran kecil seperti tablet, mereka yang mengetik di komputer desktop biasa dilaporkan dua kali lebih berani berbicara atau mengutarakan pendapatnya ketika dites tingkat ketegasannya.

Pengguna komputer juga menghabiskan waktu 30 persen lebih sedikit ketika menunggu hasil tes berikutnya yang bermaksud mengukur tingkat kekuatan dan kepercayaan diri partisipan. Dengan kata lain, pengguna komputer dilaporkan memiliki tingkat kesabaran yang lebih rendah daripada pemakai tablet.

"Bayangkan saja perbedaan cara duduk atau berdiri ketika mengetik sesuatu di ponsel dan komputer. Sementara penggunaan ponsel dan tablet mengharuskan anda untuk membungkuk ke depan dan mengambil posisi tubuh yang rapat, sebaliknya ketika menggunakan perangkat yang lebih besar maka anda didorong untuk membuka postur tubuh anda," kata peneliti, Maarten Bos, Ph.D. seperti dilansir laman Men's Health, Kamis (17/10).

Padahal selain menambah kepercayaan diri anda, studi dari Inggris ini juga menemukan bahwa postur tubuh yang terbuka terbukti dapat menambah daya tahan seseorang terhadap rasa nyeri, meningkatkan kadar testosterone, serta menurunkan hormon yang berkaitan dengan stres seperti kortisol. Bahkan bagi para pria, postur ini terbukti membantu anda menarik perhatian wanita.

Lalu bagaimana cara menanggulanginya? "Sebelum mengikuti meeting penting, wawancara kerja atau berkencan, hindari ponsel atau aturlah postur tubuh anda agar terlihat seekspansif mungkin ketika tengah menggunakan ponsel atau tablet," saran Bos.

Itu artinya jangan rapatkan kedua kaki saat duduk, lebarkan kedua bahu dan angkat dagu anda. Studi ini pun telah membuktikan postur semacam ini dapat membantu anda menguasai rapat, menghadapi wawancara kerja ataupun menarik perhatian lawan jenis.

sumber:
jawapos.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Terlalu Sering Pakai Tablet Bikin Kurang Pede"