Manfaat Pelukan dan Sentuhan Seseorang

Belaian penuh kasih dari ibu ke anak atau sentuhan lembut antara pasangan nyatanya memiliki manfaat lebih dari sekadar tanda sayang.


Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa menerima sentuhan atau pelukan juga bisa membantu meningkatkan kesadaran diri.

Peneliti dari University College London dan University of Hertfordshire menguji bagaimana sentuhan dihubungkan dengan persepsi tubuh sendiri.

Melibatkan 53 responden, studi ini dilakukan dengan menggunakan ilusi tangan karet percobaan. Dalam percobaan ini, tangan karet tersebut membelai setiap peserta dalam pola dan kecepatan yang berbeda, termasuk dalam kecepatan yang lebih cepat dan lebih lambat.

Para peserta studi melaporkan bahwa sentuhan yang lambat dan ringan memberi efek yang lebih menyenangkan.

Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa sentuhan afektif, yaitu yang lambat dan ringan, memainkan peran membantu otak kita memahami tubuh dan kesadaran diri.

"Sentuhan afektif biasanya diterima dari orang yang dicintai, sehingga temuan ini menonjolkan bagaimana hubungan dekat melibatkan perilaku yang memainkan peran penting dalam pembangunan kesadaran diri," kata peneliti, Laura Crucianelli, seperti dilansir laman Huffington Post, Kamis (24/10).

Tidak hanya itu, sentuhan fisik yang positif juga bisa meningkatkan status kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah dan melepaskan oksitosin.

Memeluk seseorang yang anda cintai pun dapat mengurangi kecemasan.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Pelukan dan Sentuhan Seseorang"

  1. Ternyata manfaat pelukan dan sentuhan bisa memberikan kesadaran diri :)

    ReplyDelete
  2. pantesan aja teletubbies selalu ceria, karena sering berpelukaaann. ^^

    ReplyDelete

Labels