6 Manfaat Dengar Musik Buat Tubuh

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.


1. Tingkatkan daya tahan tubuh.

Musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2%. Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga kamu.

2. Meningkatkan suasana hati (Mood)
Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit kamu dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

3. Fokus
Bukti menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu kamu untuk berkonsentrasi. Sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks sehingga membantu kamu untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

4. Anti depresi
Depresi mengurangi aktivitas otak dan menghambat kemampuan pikiran untuk merencanakan dan melaksanakan tugas. Musik yang menenangkan dapat membawa Anda keluar dari depresi, bertindak sebagai pil antidepresi tanpa menimbulkan efek samping.

5. Tidur lebih nyenyak
Mendengarkan musik saat kita tidur jiwa Anda terasa dalam kondisi sehat karena menghilangkan efek stres, depresi dan kecemasan.

6. Merangsang sel-sel otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi sinkron, jantung berdetak lebih cepat dan membawa konsentrasi berpikir lebih tajam serta lebih waspada. Di sisi lain, mendengarkan musik klasik menenangkan dan meningkatkan kemampuan untuk fokus untuk waktu lebih lama dan mempromosikan keadaan tenang seperti meditasi. Ini membawa rasa kesejahteraan dan kreativitas, perubahan berlangsung lebih lama setelah musik berhenti bermain.

7. Manfaat untuk Jantung (Kardiovaskular)
Mendengarkan musik yang sesuai juga bisa membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah. sebagai hasil dari turunnya tekanan darah, resiko stroke dan permasalahan kesehatan lain juga akan berkurang.

Musik bukan sekedar kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi membawa manfaat bagi diri kita.

sumber:
Beauty Treats Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Dengar Musik Buat Tubuh"

Post a Comment

Labels