Gejala-Gejala Vertigo yang Paling Umum

Keluhan pusing berputar disertai dengan nyeri / gangguan pada telinga yang dirasakan dapat mengarah pada gejala vertigo. Vertigo adalah sensasi berputar yang dirasakan seolah badan berputar terhadap ruangan atau ruangan yang berputar terhadap badannya, dengan kata lain ada sensasi berputar terhadap lingkungan sekitar.


Salah satu penyebab vertigo sendiri seringkali disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan akibat adanya kelainan pada saluran telinga.

Gejala akibat gangguan keseimbangan pada telinga selain vertigo yang cukup berat, juga bisa disertai mual dan muntah.

Penyakit gangguan keseimbangan pada telinga cukup banyak penyebabnya. Salah satu gangguan keseimbangan yang paling sering terjadi adalah akibat penyakit meniere yang menyerang telinga bagian dalam, penyebab pastinya masih belum diketahui namun diduga adanya kelebihan cairan didalam telinga bagian dalam.

Selain meniere penyebab vertigo lain yang cukup sering adalah benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) dimana penderita merasakan rasa berputar mendadak akibat perubahan posisi kepala.

BPPV pada usia muda biasanya diakibatkan krn mengalami benturan pd daerah kepala, sedangkan pd orang tua biasanya akibat degenerasi (pengurangan fungsi) dari sistem keseimbangan (vestibuler sistem).

Pengobatan selain diberikan obat-obat untuk mengurangi rasa berputar (vertigo), penderita jg disarankan untuk istirahat total sementara waktu dan juga perlu diberikan pengobatan untuk mengatasi sumber penyakitnya, latihan gerakan kepala dan badan untuk mengadaptasi keseimbangan dan mengurangi keluhan pusing dan berputar juga bisa dilakukan untuk mengatasi serangan vertigo yang tiba-tiba.

oleh karena itu perlu segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli THT atau konsultasi pd dokter ahli syaraf untuk memastikan diagnosa dan pengobatan yang tepat.

*klik dokter

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Gejala-Gejala Vertigo yang Paling Umum"

  1. Saya yakin dan percaya anda selalu memberi artikel menarikadn aktual bagi kita. Tiap hari akan selalu banyak yang berkomentar menyampaikan salam dan masukan yang bagus bagus.

    ReplyDelete
  2. golongan mana yg sering mudah dapat gejala ini?

    ReplyDelete

Labels