Wanita Perokok Beresiko Mempunyai Penyakit Tulang

Studi ini dipublikasikan 4 Desember di Journal of Adolescent Health.

Studi ini menemukan hubungan antara merokok dan jumlah kepadatan tulang yang lebih sedikit pada gadis remaja. Studi ini tidak membuktikan hubungan sebab-akibat.

Gadis remaja yang merokok memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar terkena osteoporosis, menurut sebuah studi baru yang menemukan gadis yang merokok memiliki jumlah pertumbuhan tulang yang lebih sedikit selama periode pertumbuhan yang penting dalam kehidupan mereka.

Pada osteoporosis, tulang kehilangan kepadatan mineral dan menjadi rapuh. Orang dengan kondisi - yang jauh lebih sering terjadi pada wanita daripada pria - rentan terhadap patah tulang.

Para peneliti meneliti bagaimana merokok, depresi, kecemasan dan alkohol mempengaruhi pertumbuhan tulang pada 262 perempuan mulai usia 11-19 tahun.

Selama tiga tahun, gadis-gadis tersebut menjalani uji klinis dan total kandungan mineral tulang dan kepadatan mineral tulang tubuh mereka diukur. Gadis-gadis tersebut juga ditanya apakah mereka punya gejala depresi atau kecemasan, dan juga menyampaikan seberapa sering mereka merokok atau meminum alkohol.

Meskipun semua gadis memiliki tentang massa tulang yang sama pada usia 13, terlepas dari berapa banyak mereka merokok, mereka yang lebih sering merokok ditemukan memiliki tingkat pertumbuhan tulang belakang lumbar dan kepadatan mineral tulang pinggul yang lebih rendah ketika mereka menginjak usia 19 tahun dibandingkan anak perempuan yang tidak terlalu sering merokok.

Gejala yang lebih signifikan dari depresi juga dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah pada tulang belakang lumbal antara anak perempuan di semua kelompok umur. Sementara itu, alkohol tidak mempengaruhi kepadatan mineral tulang pada anak perempuan.
"Untuk pengetahuan kita, ini adalah studi longitudinal pertama untuk menguji dan menunjukkan bahwa gadis remaja yang merokok, serta gejala depresi, memiliki dampak negatif pada akrual tulang selama masa remaja," kata Dorn seperti dilansir di medicinenet.com.

Namun, penelitian yang lebih besar yang menggabungkan ras lain (penelitian yang melibatkan gadis remaja kulit hitam dan putih) dan wilayah geografis diperlukan, kata para peneliti, menambahkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam studi mereka didapati kurang mengkonsumsi kalsium dan mendapat aktivitas fisik yang kurang daripada apa yang dianjurkan dalam pedoman nasional.

sumber:
interactive biology.
klik dokter.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Wanita Perokok Beresiko Mempunyai Penyakit Tulang"

  1. ternyata bahaya juga buat wanita yah rokok itu mas, trims infonya...

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak atas informasinya bermanfaat dan sangat keren

    ReplyDelete