Definisi Kesehatan Reproduksi Menurut ICPD Kairo

Kesehatan reproduksi berasal dari kata "Sehat".
Definisi sehat menurut WHO adalah kesehatan mental, fisik dan sosial yang utuh.

Dengan demikian, sehat berarti bukan sekedar tidak adanya penyakit ataupun kecacatan, akan tetapi juga kondisi psikis dan sosial yang mendukung perempuan untuk melalui proses reproduksi.

Contoh saja, remaja perempuan yang mengalami depresi berat akibat mengalami kehamilan yang tak diinginkan, mereka cenderung mencari segala cara untuk bisa menghentikan kehamilannya.


Definisi Kesehatan Reproduksi

Sedangkan definisi kesehatan reproduksi sendiri menurut kesepakatan ICPD Kairo 1994, yaitu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi serta prosesnya.

Kesehatan reproduksi bukan hanya sebatas kesehatan sewaktu hamil dan melahirkan, akan tetapi juga kesehatan di luar saat hamil ataupun melahirkan.

Sering pula dikatakan bahwa kesehatan reproduksi berlangsung sejak dari kandungan sampai ke kuburan, yang istilahnya adalah "From Womb to Tomb."

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Definisi Kesehatan Reproduksi Menurut ICPD Kairo"

  1. info yang bermanfaat tentang definisi kesehatan reproduksi sob, trims sharingnya

    ReplyDelete
  2. Nice info, Kesehatn memang nikmat yang paling berharga.

    ReplyDelete
  3. buat anak perempuan mereka perlu tahu, kalau tubuh mereka sudah dapat bereproduksi

    so hindari seks bebas

    ReplyDelete
  4. Perilaku depresi juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kehamilan,mesti jaga-jaga juga yah Mas agar tetap sehat dan bugar.

    ReplyDelete