Nyeri Pada Payudara Bisa Jadi

Jangan anggap remeh kalo payudara terasa nyeri.
Bisa jadi dan bisa jadi sedang akan mengalami suatu penyakit ini.

Tapi tidak perlu khawatir bila nyeri di payudara Anda.
Segera cek perubahan yang terjadi dan apabila gejala berlanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan beberapa dokter untuk memastikan apakah perlu diambil tindakan tertentu.

Nyeri Payudara adalah Tanda-Tanda


1. Sedang Hamil

Penyebab lain nyeri di payudara adalah ketika Anda sedang dalam masa kehamilan. Tidak jauh berbeda dengan PMS, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Bisa jadi dalam kondisi ini, payudara Anda mengalami nyeri sekaligus bengkak. Hal ini karena payudara juga mulai mempersiapkan diri sebelum anak lahir.

2. Masa Puber

Well, bila nyeri terjadi pada masa remaja, bisa jadi Anda sedang mengalami perubahan dalam masa pubertas. Uniknya, nyeri payudara ini tak hanya dialami anak gadis, lho. Anak remaja pria juga bisa mengalami hal yang sama dalam pertumbuhannya.

3. Gejala Kanker

Kita mulai dari penyebab terbesar nyeri-nyeri di payudara. Nyeri payudara yang disebabkan oleh kanker memang perlu diwaspadai. Oleh karena itu kita harus menyadari perubahan, benjolan atau apapun yang terasa janggal di payudara kita. Konsultasikan dengan beberapa dokter untuk mengetahui kejelasan gejala yang Anda alami.

4. PMS

Salah satu penyebab nyeri di payudara adalah PMS. Hal ini adalah pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron yang mengalami naik turun sebelum, selama bahkan setelah menstruasi tiba. Kondisi berbeda-beda pada masing-masing wanita. Bila Anda merasa nyeri payudara tapi tak menemukan benjolan, mungkin Anda bisa melihat kalender apakah berdekatan dengan siklus menstruasi bulanan.



5. Kista

Kista adalah salah satu penyebab umum mengapa wanita mengalami nyeri di payudara. Biasanya diatasi dengan operasi kecil. Kista muncul akibat perubahan tubuh dari remaja ke dewasa. Namun hal ini tidak selalu terjadi pada wanita.

*Vemale

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Nyeri Pada Payudara Bisa Jadi"

  1. itulah gunanya melakukan papsmear agar bisa mendeteksi secara dini apa yang sedang terjadi dengan payudara :-)

    ReplyDelete
  2. untuk itu jaga kebersihan dan kesehatan payudara , agar ssehat dan tidak terkena penyakit yang serius .

    ReplyDelete
  3. Informasinya sangat bermanfaat dan membantu banget,,

    ReplyDelete

Labels