Kegunaan Keringat yang Keluar Buat Tubuh Kita

Kalau tubuh kita keluar keringat, ini menandakan bahwa tubuh kita sehat.
Selain sehat, ada fungsi lain tentang keringat ini.

Penelitian menemukan bahwa keringat mengandung antibiotik alami bernama demcidin yang sangat efisien untuk melawan bakteri penyebab tuberkulosis (TBC) dan kuman jahat lainnya.


Para peneliti dari University of Edinburgh dan Goettingen, Tuebingen, dan Strasbourg berharap penemuan ini bisa membantu untuk membuat antibiotik baru yang lebih berkualitas.

Namun tak semua orang suka berkeringat.
Berkeringat terkadang membuat tubuh lengket dan bau. Namun jangan salah, keringat ternyata jua bisa menjadi alat untuk melindungi tubuh dari kuman dan bakteri jahat.


Keringat menyebarkan antibiotik yang sangat efisien pada kulit kita yang bisa melindungi tubuh dari bakteri berbahaya.
Jika kulit terluka, misalkan terkena pisau, jatuh, atau digigit oleh nyamuk, agen antibiotik dalam keringat akan secara cepat dan efisien membunuh bakteri yang masuk.

Peneliti juga menemukan bahwa zat alami yang dinamakan antimicrobal peptides (AMPs) ini lebih efektif dibandingkan semua jenis antibiotik yang ada, karena bakteri dan kuman tak bisa dengan cepat mengembangkan perlawanan terhadap zat tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kegunaan Keringat yang Keluar Buat Tubuh Kita"

  1. kalau ga keringatan rasanya ga sehat ya

    jadi berkeringat yang ga berlebihan membuat tubuh semangat dan sehat :)

    ReplyDelete
  2. woo agent antibiotik rupanya asal tak berlebihan agar jadi biang keringat yg sebabkan iritasi n gatal spt ringet buntet

    ReplyDelete