Inilah Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat

Tanda-tanda berikut ini diharapkan akan membantu Anda untuk mengetahui apakah kehamilan Anda berjalan dengan baik atau tidak. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dan memiliki firasat buruk bahwa ada sesuatu yang salah, maka Anda harus sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter.


1. Janin yang bergerak
Memasuki antara bulan keempat dan kelima, Anda akan mengalami hal yang paling indah karena Anda akan merasakan gerakan bayi. Jika Anda merasa bayi Anda bergerak secara berkala, itu adalah tanda bahwa semuanya baik-baik saja. Maka nikmatilah setiap gerakannya. Jika Anda merasa bayi Anda belum bergerak dalam waktu yang sangat lama dan tidak aktif seperti biasanya, maka Anda harus berbicara dengan dokter Anda.

2. Berat badan naik secara bertahap
Jumlah berat badan yang naik secara bertahap adalah tanda pertama dan terpenting bahwa kehamilan Anda berjalan lancar. Ketika hamil, perhatikan berat badan Anda dengan rutin. Secara keseluruhan, wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 sampai 15 kg selama masa kehamilan.

3. Tekanan darah normal
Tekanan darah merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam kehamilan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan banyak komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Jika tekanan darah Anda dalam batas normal, maka itu adalah tanda yang sangat baik untuk menunjukkan bahwa kehamilan Anda baik-baik saja.

4. Nyeri tubuh saat hamil
Ketika Anda merasa berat untuk bergerak ketika hamil, itu adalah hal umum. Rasa nyeri atau sakit pada tubuh disebabkan tekanan tambahan dan beban kehamilan pada tubuh Anda. Sakit ringan seperti sakit punggung sangatlah umum. Ini merupakan tanda kehamilan normal. Namun, jika Anda merasa sakit luar biasa, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

5. Kadar gula darah normal
Selama kehamilan, produksi insulin harus ditingkatkan. Pada beberapa wanita peningkatan ini tidak cukup sehingga menyebabkan pengaturan gula darahnya memburuk. Gula darahnya menjadi terlalu tinggi, terutama setelah makan. Peningkatan gula darah yang tinggi ini menggambarkan kondisi yang disebut diabetes kehamilan (gestational diabetes).

Akibat dari kadar gula yang tinggi dapat membuat proses kelahiran sulit. Maka lakukan pemeriksaan gula darah untuk memastikan kadarnya tidak melonjak terlalu tinggi, terutama setelah makan.

Via Merdeka.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Inilah Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat"

  1. ini harus menjadi catatan khusus bagi saya, karena suatu waktu saya pasti membutuhkannya, terutama untuk istri saya :)

    ReplyDelete