Bahaya Penyakit Akibat Kurang Tidur

Agak mengejutkan ketika membaca artikel ini, karena ancaman penyakit yang tak aku duga bisa mengancam akibat kurangnya tidur seperti diabetes dan kegemukan. Ko bisa ya..
Pada umumnya, manusia tidur itu rentang 7 sampai 9 jam seharinya. Lalu bagaimana kalau kurang dari 7 jam, misal saja tidur hanya 4 jam. Wah resikonya sangat besar ternyata, tapi disini disebutkan MENINGKATKAN RESIKO, bukan sakit


Penyakit yang bisa Muncul Akibat kurang tidur

Diabetes

Dalam rangkaian penelitian 2012 lalu, ditemukan bahwa ada hubungan antara peningkatan penyakit diabetes dengan kurang tidur. Bahkan, saat ini anak-anak remaja maupun mereka yang tak punya gen diabetes sudah terancam akan penyakit berbahaya ini.

Pelupa

Sering letih dan pelupa, bukan karena penuaan dini lho, tetapi karena Anda kurang tidur. Semakin kurang jumlah jam tidur Anda, maka semakin sering pula Anda merasa lelah dan lupa.

Gemuk

Saat seseorang kurang tidur, obesitas sedang mengancam Anda. Tak heran kan jika Anda yang sudah mati-matian diet tapi berat badan tetap tanpa Anda tahu penyebabnya. Nah, salahkan jam tidur Anda yang kurang.

Para peneliti mengatakan, seperti dikutip dari huffingtonpost, bahwa saat seseorang kurang tidur, maka pikiran secara otomatis kelelahan dan memberikan sinyal palsu atas rasa lapar. Akibatnya, Anda akan makan dalam jumlah berlebihan di esok harinya, atau bahkan ngemil di malam hari.

Tulang keropos

Diduga, osteoporosis juga disebabkan oleh kurang tidur. Menurut penelitian yang dilakukan 2012 lalu disebutkan bahwa ada perubahan kepadatan tulang saat tubuh kurang tidur. Dan apabila hal ini berlanjut dalam waktu lama, maka osteoporosis bukanlah hal yang asing lagi bagi para pelaku begadang.

Kanker


Anda mungkin tak memiliki keluarga dengan riwayat kanker, namun bukan berarti Anda bebas dari penyakit mematikan ini. Menurut penelitian 2010, sekitar 1.240 orang dinyatakan terkena kanker, dan 338-nya disebabkan kurangnya jam tidur (tidur kurang dari 6 jam sehari).

*Vemale

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Bahaya Penyakit Akibat Kurang Tidur"

  1. oke terima kasih artikelnya, bisa buat panduan pemberian obat pada keluarga

    ReplyDelete
  2. weh ngeri banget gann gmn yahh caranya biar bisa cepet tidur cos saya susah banget untuk tidur :(

    ReplyDelete
  3. Kurang tidur ternyata bisa terkena kanker juga ya mas? Ngeri :(
    Btw Nice thread

    ReplyDelete

Labels