5 Sumber Makanan Vitamin D untuk Kulit Kering

Cuaca dingin di musim hujan atau pun udara AC berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Kulit menjadi kering dan bahkan bersisik. Untuk mengatasinya, perlu adanya peningkatan kelembaban kulit dengan mengkonsumsi asupan vitamin D secara alami yang bisa didapat dari aneka makanan sehari-hari.

Dalam kondisi normal, kulit dalam tubuh terdiri dari beberapa lapisan khusus yang dirancang untuk bisa mengonversikan radiasi ultraviolet B dari sinar matahari menjadi vitamin D. Namun, proses ini bisa terhambat bila kulit kita kurang mendapatkan paparan sinar matahari seperti saat musim hujan seperti ini.

Kegunaan Vitamin

Karena tubuh kurang terpapar cahaya matahari selama musim hujan, kita dapat mendapatkan asupan vitamin D elalui beberapa makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Hal ini berfungsi agar dapat meningkatkan kelembabab kulit.
Vitamin D sangat penting untuk menjaga keseimbangan jaringan kulit. Sehingga vitamin D pun banyak dipergunakan untuk mengobati masalah pada kulit lainnya seperti:
  1. Vitiligo.
  2. Skleroderma.
  3. Psoriasis.
  4. Keratosis actinic.
  5. Lupus vulgaris.
dan sebagainya.

Selain essensial oil dan vitamin A dan C, vitamin D juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit.
Terdapat hubungan antara vitamin D dengan dehidrasi kulit. Dan dari beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin D sangat penting untuk menjaga keseimbangan kulit.

5 Sumber Makanan Vitamin D untuk Kulit Kering

Asupan vitamin D ini bisa didapat dari beberapa aneka makanan.
Berikut 5 contoh makanan yang mengandung vitamin D dan dapat membantu proble kulit kering, yaitu:

1. Jus Jeruk



Dengan mengkonsumsi jus jeruk satu gelas sehari bisa memenuhi sekitar sepertiga dari jumlah vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat memperkuat kolagen pada kulit yang berfungsi dapat menghambat laju penuaan pada kulit.

2. Yogurt



Selain jus jeruk, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi yogurt. Dengan mengkonsumsi rutin yogurt dapat membantu memenuhi sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D. Tak hanya baik untuk kulit, kandungan probiotiknya mampu mengatasi problem dalam usus dan pencernaan.

3. Ikan Salmon dan Tuna



Jenis ikan tertentu seperti salmon dan tuna juga mengandung vitamin D yang mampu menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D sehari dalam tubuh. Selain vitamin D, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu kulit dan rambut yang kering. Selain ikan, jenis lauk lainnya yang juga mengandung vitamin D adalah telur.

4. Seral Gandum



Gandum juga memenuhi seperempat dari kebutuhan vitamin D harian. Ini bisa didapatkan dari sereal gandum yang bisa dikonsumsi setiap pagi hari sebagai menu sarapan. Gandum juga mengandung serat yang tinggi dan baik untuk menjaga berat badan dan membantu masalah pencernaan.

5. Susu



Dan yang terakhir adalah susu. Sama seperti halnya yogurt, susu juga mengandung vitamin D yang berkhasiat untuk menjaga kelembabab kulit. Inilah alasannya kenapa susu banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam perawatan kulit.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "5 Sumber Makanan Vitamin D untuk Kulit Kering"

  1. Replies
    1. oh iya..

      Obat Sakit boleh minta tolong kan?

      tolong buatkan 'sign' untuk blog sdftyujklvbn pls :)

      cth: http://sdftyujklvbn.blogspot.com/p/unikers-eksis.html

      'cuma tulis di kertas doang ko'

      Makasih yaa brooh

      Delete
    2. maksudnya saya tidak mengerti ini mas

      Delete
    3. cek aja mas http://sdftyujklvbn.blogspot.com/p/unikers-eksis.html

      ada keterangannya :)

      Delete
  2. Klw berkunjung kesini byk sekali resep2 utk kesehatan. spt yg di atas tuh, sedikit sekali org2 peduli sama kulit. kecuali artis. hehehe

    ReplyDelete
  3. jus jeruk kayaknya tepat nih buat aku yang lagi demam..

    Thanks info nya,
    salam persahabatan

    ReplyDelete
  4. Jeruk dan susu hampir tiap hari menjadi menu minuman saya. Ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit. Terimaksih.

    ReplyDelete
  5. wew, sayang ya, kopi gak termasuk, untung jeruk masuk ya ...

    ReplyDelete
  6. Memang vitamin harus dan harus menjadi suplemen bagi kebutuhan tubuh kita Mas.

    ReplyDelete
  7. Wah tips resep nya mantab.. Kebetulan ane suka jeruk nih

    ReplyDelete
  8. pasbanget....saya juga hobi nge drink jus... :)
    #kya nya kenal sama mas admin nya nih :)

    ReplyDelete
  9. wah selain enak, banyak juga manfaatnya ya sob.. memang sebenernya banyak manfaat yang ada di sekeliling kita, namun kita tidak mengetahuinya..?

    ReplyDelete
  10. setuju sm om mangki.. knp kopi ga termasuk? :D

    ReplyDelete
  11. ngomong2, 5 pnyakit diatas artinya apa ya? apakah panu, kudis kurap dan sebangsanya? -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya penyakit kulit seperti itulah, pake boso londo.

      Vitiligo adalah kondisi di mana kulit Anda kehilangan melanin, pigmen yang yang menentukan warna kulit, rambut dan mata Anda.

      Scleroderma adalah suatu penyakit autoimun dari jaringan penghubung.

      Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat.

      Actinic keratosis adalah kulit kasar, bentuknya kecil merah2

      Lupus vulgaris adalah bentuk tuberkulosis kulit yang paling berat dan sering ditemui.

      Delete
  12. nggak semua buah-buahan bagus bagi kulit ya sob

    ReplyDelete
  13. Milih susu aja om untuk kebutuhan kesehatan gua soalnya ga suka jeruk om

    ReplyDelete
  14. saya susu sama jeruk, yg lainnya jarang heheh

    ReplyDelete
  15. larang larang iku cak, sing murah dong

    ReplyDelete
  16. la inilah tips yang hatiku ingin

    supaya cantik lahir batin...

    ReplyDelete
  17. kunjungan perdana gan..
    blog dan tutornya sangat menarik, jika berkenan saya ingin mengajak agan untuk bertukar link atau saling follow..!!

    ReplyDelete
  18. .. yg aq suka cuma jus. wachhhhh,, tenkz ya untuk info nya?!? he..86x ..

    ReplyDelete
  19. mau komen apa lagi nih? masih belum ganti artikelnya...support aja deh

    ReplyDelete
  20. Kita praktekan dulu deh hehehehe tks

    ReplyDelete
  21. waaah jajane wng sugeh kbeh kui... ^_^

    ReplyDelete

Labels