Apakah Penyakit Autoimun itu?

Penyakit autoimun itu salah satunya yang sering kita dengar adalah alergi. Penyakit autoimun adalah dimana sistem imun tidak bisa membedakan antigen tubuh sendiri atau antigen asing penyakit yang disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan (sistem imun) tubuh pada kulit dimana sel darah putih atau antibodi tubuh melawan jaringan tubuh sendiri atau protein ekstraselular.

Penyakit Autoimun

Sistem imun tubuh manusia terdiri atas sel darah putih, antibodi dan substansi lainnya yang berfungsi untuk melawan infeksi (serangan mikroorganisme) atau protein asing.
Sistem imun tubuh memiliki kemampuan untuk membedakan sel tubuh sendiri dan sel asing. Namun, pada individu yang terkena penyakit autoimun atau penderita autoimun sistem imun kehilangan kemampuan untuk membedakan sel tubuh dengan sel asing sehingga sistem imun akan menyerang sel tubuh sendiri.

Alergi merujuk pada reaksi berlebihan oleh sistim imun kita sebagai tanggapan pada kontak badan dengan bahan-bahan asing tertentu. Berlebihan karena bahan-bahan asing ini umumnya dipandang oleh tubuh sebagai sesuatu yang tidak membahayakan dan tidak terjadi tanggapan pada orang-orang yang tidak alergi.

Tubuh-tubuh dari orang-orang yang alergi mengenali bahan asing itu dan sebagian dari sistem imun diaktifkan. Bahan-bahan alergi disebut "allergens". Contoh-contoh dari allergens termasuk serbuk sari, tungau, jamur-jamur, dan makanan-makanan.
Untuk mengerti bahasa alergi adalah sangat penting untuk mengingat bahwa allergens adalah bahan-bahan yang asing terhadap tubuh dan dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Apakah Penyakit Autoimun itu?"

  1. Pertamax...


    Oughhh... sobbb jadi intinya penyakit nich ga' terLaLu berbahaya khannn...??

    ReplyDelete
  2. alergi ea?
    kyak misalnya, kalok kita makan makanan yg salah, orang yg trkena alergi biasanya kulitnya merah2 tuw ea?

    ReplyDelete