8 Cara Atasi Bau Mulut Tak Sedap

Janganlah kuatir bila bau mulut tak sedap.
Berikut ini ada cara alami yang cocok diterpakan dengan cara alami dan murah meriah.

GIGI

8 Cara Atasi Bau Mulut Tak Sedap

1. Rajin Sikat Gigi

Sisa makanan bersama dengan air liur dan bakteri akan memicu terbentuknya lapisan plak pada permukaan gigi. Kumpulan bakteri di dalam plak inilah biang keladi timbulnya lubang pada permukaan gigi (karies).
Karenanya, jangan lupa menggosok gigi dua kali sehari setelah makan.

2. Bersihkan Lidah

Bakteri penyebab bau mulut bersemayam pada permukaan lidah. Karenanya, jangan lupa membersihkan organ yang satu ini. Bisa dengan sikatan lembut menggunakan sikat gigi biasa atau alat khusus untuk membersihkan lidah yang muda ditemukan di berbagai toko

3. Ganti Sikat Gigi

Kualitas sikat gigi turut menentukan tingkat kebersihan gigi Anda.
Agar bisa menjangkau sisa makanan di ujung mulut, gunakanlah sikat gigi berukuran kepala lebih kecil.
Pilih pula sikat yang lunak agar tidak sampai melukai gusi. Sikat gigi yang sudah tak layak pakai harus diganti, karena tak mampu lagi membersihkan gigi secara maksimal.

4. Kontrol Gigi

Pergi ke dokter gigi bukan hanya perlu dilakukan ketika gigi sedang sakit. Setiap 6 bulan sekali, luangkanlah waktu untuk memeriksakan gigi dan mulut serta membersihkan plak.
Jika perlu, dokter akan mendeteksi kerusakan gigi dengan menggunakan intra oral camera.

5. Minum Air Putih

Selain memperlancar proses pencernaan, minum air putih juga penting untuk merawat gusi agar selalu basah dan merangsang produksi air liur. Banyak dokter menyarankan untuk minum air putih paling tidak 8 gelas sehari.

6. Memilih Makanan

Serat yang terkandung di dalam makanan alami ini bekerja ampuh untuk membersihkan saluran pencernaan. Sewaktu sahur, hindari makanan berbau tajam seperti bawang putih dan petai. Plus, kurangi pula konsumsi kopi dan rokok.

7. Pakai Obat Kumur

Obat kumur yang tersedia di pasaran memang bisa menekan perkembangan bakteri di dalam mulut.
Namun, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol karena dapat mengurangi produksi air liur dan menyebabkan iritasi. Gunakan seperlunya saja.
Sebab menurut sejumlah penelitian, pemakaian obat kumur antiseptik yang terlalu sering bisa mengganggu keseimbangan flora di dalam rongga mulut.

8 Cara Tradisional

Sebagai alternatif obat kumur yang diproduksi secara masal, Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi bau mulut, yaitu berkumur dengan air rebusan bunga cengkih atau daun sirih selama 5 menit.
Berkumur dengan air hangat yang dicampur setengah sendik teh baking soda dan garam juga bisa membantu mengurangi bau mulut.

*chic

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Atasi Bau Mulut Tak Sedap"

Post a Comment