4 Penyakit yang Ditandai dengan Kesemutan

Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius. Penyakit kencing manis diantaranya, dengan gejala telapak kaki akan terasa tebal, kadang panas, kesemutan di ujung jari terus-menerus disertai rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, terutama pada malam hari menjelang, kalau siang tidak terasa kesemutan, hanya terasa haus amat sangat.

Diabetes, kolesterol dan asam urat ini adalah penyakit yang bersaudara atau sedarah kandung dengan asumsi gejala yang ditimbulkan sama saja, ksemutan.

Kencing manis adalah penyakit karena kelebihan gula dalam darah, selain kesemutan, juga badan terasa lemas tidak bertenaga. Kalau sudah parah, bisa berdampak ke penyakit lain seperti ginjal, stroke dan sebagainya karena kinerja organ lain tersebut telah dirusak oleh lebihnya gula dalam darah penderita.

Kesemutan



Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan di antaranya:

1. Diabetes Mellitus (kencing manis).

Dengan gejala telapak kaki terasa tebal, kadang panas, kesemutan di ujung jari terus-menerus disertai rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, terutama pada malam hari.

3. Rematik juga bisa menimbulkan kesemutan dan rasa tebal.

Ini disebabkan saraf sendi terjepit. Kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.




2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dengan gejala ujung jari tangan kanan kesemutan, kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas.

CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 - 2 tahun
.
4. Infeksi tulang belakang dengan gejala kesemutan yang didahului flu berat.

Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Penyebabnya virus cytomegalovirus (CMV).

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "4 Penyakit yang Ditandai dengan Kesemutan"

  1. ane juga sering kesemutan bagian tangan, trutama klo sdang riding agak jauh, kadang sampe mati rasa..dulu pdhal tdk, apa krna brtmbah usia..untuk gejala CTS itu apa ya..kurang paham? trims

    ReplyDelete
  2. tangan kiri saya (59)pernah kebentur,sekarang pada gerak tertentu sering kesemutan apa solosinya

    ReplyDelete
  3. tangan kiri saya (59)pernah kebentur,sekarang pada gerak tertentu sering kesemutan apa solosinya

    ReplyDelete
  4. Mohon penjelasan dan solusinya'saya solehan tingal di Kemiling Permai B
    andar Lampung,mempunyai keuhanjika duduk bersila gak terlalu lama lebih kurang 10 menit saja terjadi keluhan kesemutan pad kaki,ini termasuk gejala penyakit apa ya dan bagaimana mengatasinya'terimakasih atas penjelasannya.nomer hp 081540982345

    ReplyDelete

Labels