Penyebab Rasa Haus - Pentingnya Air

Rasanya tidak ada yang menyangkal peran air bagi tubuh. Seluruh bagian tubuh manusia selalu membutuhkan air dalam segala aktivitasnya, termasuk saat tidur.

Pada manusia dewasa, sekitar 60-70 persen tubuhnya terdiri dari air, sementara pada bayi dan anak 80 persen tubuhnya terdiri dari air. Akan tetapi, tak banyak orang yang memperhatikan berapa liter air minum segar tanpa campuran apa pun yang sudah dikonsumsi dalam 24 jam.

Rasa haus yang kita rasakan ternyata bisa jadi pertanda kita sudah mengalami dehidrasi dan ini merupakan sinyal tubuh mengalami defisit cairan. Perlu diketahui tubuh merasakan haus lebih dari yang terasa di lidah. Karena itu, tak perlu menunggu sampai muncul rasa haus baru kita minum.

Air

Faktor Penyebab.

Jumlah air yang dibutuhkan tubuh sangat bervariasi tergantung makanan yang dikonsumsi, suhu dan kelembaban lingungan, tingkat aktivitas, dan faktor lain. Jumlah yang dikonsumsi harus seimbang dengan jumlah air yang dikeluarkan tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 liter (8-10 gelas) per hari.

Jumlah kebutuhan ini sudah termasuk asupan dari air minum dan makanan. Sementara itu jumlah air yang dikeluarkan tubuh (melalui air seni, keringat, tinja, dan napas) sekitar satu liter per hari, tergantung suhu udara sekitar. Cairan tubuh juga akan lebih banyak keluar bila kita melakukan aktivitas yang lebih keras, seperti olahraga.




Efek Bila Kekurangan Air.

Kekurangan dua persen air tubuh bisa memicu gejala awal dehidrasi. Kehilangan 4-6 persen menimbulkan sakit kepala, pusing dan lemah. Bila sampai 12 persen hilang, fungsi gerak dan otot terganggu, sedangkan kekurangan air sebanyak 15-25 persen dapat berakibat fatal, sampai kematian.

Bila tubuh kehilangan air lebih banyak dibandingkan dengan asupannya, akan terjadi dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi adalah rasa haus, air seni sedikit dan pekat, jumlah keringat sedikit, mulut kering, tubuh lemas, hingga kulit yang kehilangan kekenyalannya.

Pada tingkat yang lebih berat, tanda-tanda dehidrasi yang muncul akan lebih banyak lagi. Yaitu mata menjadi cekung, kulit pucat, ujung-ujung jari menjadi dingin karena aliran darah ke kapiler ini berkurang, dan denyut nadi melonjak dari cepat sekali menjadi lambat. Secara psikologis penderita juga menjadi apatis dan kesadarannya perlahan-lahan menurun.






Contoh Konkret.

Contoh nyata tentang bahaya kekurangan air bisa dilihat pada banyaknya jemaah haji yang meninggal lemas atau kehilangan kesadaran sehingga meninggal walau sebelumnya mereka tidak punya penyakit berarti. Pada umumnya mereka tidak siap dengan kondisi tanah suci yang panas dan kering yang memudahkan penguapan air tubuh.

Jika dilihat dari perbandingan aktivitas, remajalah yang paling mudah terkena dehidrasi. Pasalnya, remaja umumnya banyak melakukan berbagai kegiatan, hingga aktivitas fisik pun meningkat drastis.

Kegiatan-kegiatan tersebut menguras tenaga dan juga cairan tubuh. Yang terjadi saat tubuh kekurangan air adalah sel-sel kekurangan energi siap pakai. Tubuh terdiri dari triliunan sel yang bahan dasarnya air, maka kekurangan pembentuk dasar (air) dari sel tersebut identik dengan kekacuan fungsi organ-organ tubuh.

Oleh sebab itu, selalu menyediakan waktu untuk minum air secukupnya demi menghindari bahaya dehidrasi, bahkan jauh sebelum tubuh mengirim sinyal peringatan berupa rasa haus.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa yang dibutuhkan tubuh adalah air murni karena sifatnya yang mampu melewati batasan-batasan dan tidak diisi oleh zat lain yang memberi pengaruh bagi tubuh, seperti gula, kafein, pewarna, atau pemanis.

Subscribe to receive free email updates:

86 Responses to "Penyebab Rasa Haus - Pentingnya Air"

  1. benar gan,
    sering juga rasa haus diartikan sebagai rasa lapar oleh tubuh kita.

    tapi saya sendiri blm bisa menerapkan minum air 2ltr setiap hari, hehhe

    ReplyDelete
  2. air memang perlu akan kita konsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit

    ReplyDelete
  3. memang Air sangat lah penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk di bumi ini, entah bagaimana jika Air ini tiba-tiba saja menghilang dari bumi apa yang akan terjadi terhadap kita semua.....? Mari kita jaga kelestarian Alam di sekitar kita dan hindari menebang pohon secara besar-besaran agar air tetap tersedia di jagad nusantara ini

    ReplyDelete
  4. benar gan, terlalu dibiarkan haus membuat kita dehidrasi.
    kalau sudah dehidrasi bisa lemeeeessss seharian

    ReplyDelete
  5. benar gan.

    selain itu, air yang kita minum juga sangat baik dalam menjaga tekanan darah gan.
    pokoknya, ciri2 kalau sudah haus, tenggorokan seperti tertekan, air liur jadi padat - lebih lengket dibandungkan tidak sedang haus

    ReplyDelete
  6. rasa haus jika terlalu disepelekan bisa berbahaya buat tubuh juga,
    bisa menyebkan dehidrasi dan darah menjadi lebih kental dari yang seharusnya

    ReplyDelete
  7. sekarang juga says edang dehidrasi nih gan..
    tapi takut minum air, sering banyak buang air kecil

    ReplyDelete
  8. air udah jadi bagian penting dalam hidup...

    ReplyDelete
  9. air sangat penting untuk kehidupan dan untuk menjaga kesehatan kita

    ReplyDelete
  10. pas banget nih, saya adalah orang yang sering sekali mengalami dehidrasi

    ReplyDelete
  11. ane sering mengalami ujung2 jari mendadak mengkerut2.. bergetar dan lemas.. apakah itu juga termasuk akibat dehidrasi.?

    ReplyDelete
  12. saya enggak gan..
    saya sekarang ini sedang menjalani terapi minum air 8 gelas sehari..

    tapi jadi sering pipis dan mudah laper gan...
    selain itu, tubuh lebih terasa segar dan tidak mudah lelah

    ReplyDelete
  13. gan,...
    saya mau tanya, jika masih sering merasa sakit di perut sebelah kiri bagian bawah, padahal sudah banyak minum air... apakah keluhan itu tanda penyakit ginjal..?

    ReplyDelete
  14. benar gan, saya pernah dengar di tanah suci suhu -nya amat sangat panas sekali..

    puaannnaaasss,,...

    ReplyDelete
  15. air sangat penting gan untuk kesehatan yang menyeluruh

    ReplyDelete
  16. sebenarnya berapa liter sih tubuh kita membutuhkan air dalam sehari..?
    adakah yang berbaik hati menjawab.?

    ReplyDelete
  17. Hm... terkadang dehidrasi dapat mengakibatkan masalah serius jika terus menerus diabaikan..

    keep posting,

    ReplyDelete
  18. air adalah salah satu dari benda yang sangat utama.. jika air tidak ada, rusaklah kita, matilah kita

    ReplyDelete
  19. benar gan...
    saya tipe orang yang tidak bisa tahan berlama-lama menahan haus

    ReplyDelete
  20. asupan air juga bisa didapat dari memakan buah dan sayran gan..

    keep posting

    ReplyDelete
  21. air memang sangat penting terutama untuk kesehatan tubuh

    ReplyDelete
  22. kalau sudah merasa haus, tapi tidak segera minum air, biasanya tenggorokan bagian atas terasa sakit dan dada juga sesak

    ReplyDelete
  23. Mantap gan..
    artikel yang sangat bermanfaat bagi kesehatan

    ReplyDelete
  24. setelah baca artikelnya kok jadi haus ya..

    ReplyDelete
  25. haus bukan penyakit,.. tapi kalau dibiarkan bisa bikin sakit :D

    ReplyDelete
  26. mantap gan...

    agan kemana...? update postingan lagi dong gann

    ReplyDelete
  27. mantap sekali...
    rasa haus yang berlebih bisa mengakibatkan sakit kepala yang berlanjut

    ReplyDelete
  28. ternyata ada cerita dibalik rasa haus yang tidak saya ketahui,..
    terimakasih

    ReplyDelete
  29. saya selalu sedia gelas penuh air di meja kerja saya gan,,,
    saya bebas haus dan dehidrasi..

    ReplyDelete
  30. saya ikut menyimak aja gan
    salam kenal terimakasih

    ReplyDelete
  31. wah,...
    ternyata haus tidak boleh dibiarkan ya?

    ReplyDelete
  32. Penting juga peranan iar bagi kesehatan tubuh kita., . . .

    Selamat Hari Raya Idul Adha untuk sahabat Obat Sakit.

    ReplyDelete
  33. ia, minum air lebih penting gan.

    selamat hari raya idul adha,...

    ReplyDelete
  34. salam kenal gan..
    tulisannya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  35. emang bener nih, remaja emang yang paling sering kena dehidrasi..
    selain karena ceroboh, masih banyak alasan laiin :D

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    ReplyDelete
  37. sangat pentingnya air terkadang masih diabaikan dan disepelekan gan

    ReplyDelete
  38. air memang amat sangat penting, tak hanya untuk tubuh kita saja..
    mahlum bumi lainnya pun sangat membutuhkan pentingnya air

    ReplyDelete
  39. Wahh..

    Udah lama nich ga' ktmu sobb ga' ktmu, ough iyach met idul adha yachh..

    #maaph kalo ga' nyambunk dengan artikelnyaa..

    ReplyDelete
  40. kembali datang berkunjung..

    sip hingga hari ini pun saya menerapkan minum air 7-8 gelas sehari

    ReplyDelete


  41. kunjungi blog saya ya temen-temen.
    http://ilmu212.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. tanpa air sulit rasanya kita hidup.. maka sudah sepatutnya kita bersyukur. kepada alloh SWT yang telah memberikan kita air untuk menjalani hidup ini..

    ReplyDelete
  43. makasih banyak untuk informasinya!!

    ReplyDelete



  44. ikut menyimak saja ,, semoga kedepannya lebih maju dan berkembang semakin kompak saja dengan clubnya ....
    http://goo.gl/ieCrP obat darah tinggi

    ReplyDelete
  45. makasih buat infonya,
    http://goo.gl/xuIcR

    ReplyDelete
  46. oh gitu ya,,, makasih mas buat pencerahannya,,
    semoga sukses selalu..

    ReplyDelete

  47. http://tinyurl.com/buxjav2 obat penyakit stroke

    ikut berkunjung webnya sangat menarik dan kreatif sangat
    kreatifmonifasi baru ubtuk saya

    ReplyDelete
  48. trimakasih atas informasi. nya, http://goo.gl/0LFPX pengobatan penyakit kolesterol

    ReplyDelete
  49. sajian informasinya sungguh interaktif dan teraktul semoga bermanfaat untuk semuanya
    http://goo.gl/4SiDO pengobatan penyakit darah tinggi tradisional

    ReplyDelete

  50. ikut menyimak tulisnya sangat kreatif dan bagus ilmu baru untuk saya pengobatan kanker payudara

    ReplyDelete
  51. infonya sungguh bermanfaat di tunggu posting berikutnya infonya sungguh bermanfaat di tunggu posting berikutnya http://goo.gl/tJcsk cara mengobati diabetes cara mengobati diabetes

    ReplyDelete
  52. informasinya sungguh baguus topik pembahasannya juga sangat bermanfaat http://goo.gl/a5egW cara mengobati kanker

    ReplyDelete
  53. alhamdulillah informasinya sangat bermanfat semoga lebih kreatif lagi menuangkan ide kreativitasnya
    http://goo.gl/li8zw pengobatan tradisional tumor payudara

    ReplyDelete
  54. trimakasih atas liputannya !!! http://goo.gl/w10qv cara mengatasi ejakulasi dini

    ReplyDelete

  55. liputan yang sangat baik dan bermanfaat http://goo.gl/GQcp2 obat tradisional urat kaku

    ReplyDelete
  56. iya bener banget, air itu penting. Aku aja klw d skolah baru jam 9 aja, air udh tinggal setengah botol. D skolah selalu minum dua botol air mineral.

    ReplyDelete

  57. liputannya sangat menarik idenya juga sangat bagus

    ReplyDelete
  58. infonya sangat bagus nih gan,,
    http://goo.gl/x9j6x

    ReplyDelete
  59. info yang sangat menarik semoga menjadi ide yang positif

    ReplyDelete
  60. luar biasa mantap euy informasinya... thank you ..
    obat angin duduk

    ReplyDelete

  61. Terimakasih atas infonya, sukses selalau.

    ReplyDelete
  62. sukses selalu noh,,, thank udah mau berbagi!

    ReplyDelete