Khasiat Biji Wijen

Selain gurih, ternyata biji wijen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Wijen atau Wars merupakan tumbuhan yang berasal dari Afrika Khatulistiwa yang berada pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Tumbuhan wijen saat ini sudah banya tersebar, bahkan telah sampai di Indonesia. Giji wijen biasanya diolah menjadi penyedap bumbu, ekstrak wijen atau dijadikan sebagai pemanis hidangan berbentuk roti atau kudapan.


Kandungan Biji Wijen.
Di Mojokerto Jawa Timur misalnya, biji wijen dijadikan salah satu makanan khas kota tersebut yaitu ONDE-ONDE. Begitu juga dengan beberapa jenis roti yang menggunakan biji wijen.
Menurut ilmu medis modern, biji wijen mengandung kalsium tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, wijen mengnadung asam amino esensial yang baik serta mengandung vitamin B.


Manfaat Biji Wijen.
  • 1. Pereda Nyeri.
Pada zaman Rasulullah SAW, biji wijen pun sudah dikenal bahkan dijadikan obat untuk beberapa gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.






Dari Zaid bin Arqam, Rasulullah Muhammad SAW pernah menggambarkan tentang minyak zaitun, wars atau wijen sebagai obat sakit pinggang.
(HR. At-Tirmidzi).

Qatadah menjelaskan, lebih rinci apa yang dimaksudkan dalam hadits tersebut.
"Diusapkan kepada penderita sakit pinggang dari arah yang sakit."
  • 2. Mencerahkan Wajah.
Selain untuk meredakan sakit pinggang, biji wijen ternyata sangat ampuh untuk mengembalikan kecantikan wajah. Dalam buku metode pengobatan Nabi, BAB MANFAAT WIJEN, dijelaskan bahwa ada hadits shahih yang menjelaskan bahwa di zaman Rasulullah SAW, para wanita biasanya berhenti beraktivitas ibadah selama 40 hari ketika nifas.

Bahkan diantara para wanita itu, menggunakan wijen sebagai masker di wajahnya karena berwarna merah kehitaman. Dengan menggunakan wijen diharapkan mampu mengembalikan kecantikan wajah para wanita yang sedang nifas tersebut. Kulit wajah yang merah kehitaman dapat pulih setelah dimasker rutin menggunakan biji wijen yang diolah.




  • 3. Baik untuk Kulit.
Tanaman wijen tumbuh baik di daerah panas. Kualitas terbaik dari biji wijen berciri warna merah, lebut di tangan dan memiliki sedikit gabah.

Wijen juga berguna untuk mengatasi beberapa gangguan kulit seperti gatal-gatal, eksim, panu,urap dan jerawat di permukaan kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan biji wijen setelah dihaluskan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Khasiat Biji Wijen"

  1. Selain untuk kueh,ternyata biji wijen banyak manfaat,baru tau Gan.
    Makasih banyak infonya.

    ReplyDelete
  2. kalau di rumahku sering menggunakan minyak wijen untuk mengurut,,ternyata masih ada lagi manfaatnya yang lain ya :)

    ReplyDelete
  3. baru tahu nieh gan kalau wijan baik untuk mencerahkan wajah!!!

    ReplyDelete

Labels