Tuesday, March 6, 2012

5 Makanan Pengendali Hipertensi

Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi, tensinya tinggi sehingga bisa membuat seseorang lumpuh sebagaian atau bahkan seluruhnya. Ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang sudah dites atau telah dilakukan penelitian oleh orang barat maupun oleh universitas-universitas di Indonesia ini.

Kalau manfaatnya bagus dan tak berefek samping kenapa tidak dicoba bagi yang penderita hipertensi ini. Toh penelitian sudah menunjukkan bahwa hasilnya baik untuk dicoba oleh yang bersangkutan.

Berikut ini buah dan sayuran yang bisa untuk mengendalikan hipertensi.
1. Anggur.
Anggur yang dimaksud di ini bukan buahnya, melainkan bijinya yang bisa dijadikan obat hipertensi. Siapa yang meneliti tentang biji anggur ini, dialah sang Professor C. Tissa Kappagoda dari Universitas California. Kalau ada yang ingin lebih jauh lagi mengenai khasiat biji anggur yang ditelitinya, bisa mencari artikel beliau.


Cara pemakaian.
Buah anggur dijadikan jus.
Jadi bukan bijinya ditelan mentah-mentah, melainkan dijadikan ekstrak lain terlebih dahulu. Kalau bijinya dijadikan jus kayaknya sangat tak mungkin orang meminumnya. Disarankan agar membuat jus anggur tapi sertakan dengan bijinya.

Apa kandungan Biji Anggur ini.
Yaitu Senyawa Polifenol yang bertugas melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Lalu kandungan vitamin E, Flavanoid, asam linoleat dan prosianidin.

2. Bawang Putih.
Yang meneliti adalah Dr. V. Petkov dari Akademi Sains, Bulgaria.
Cara memakainya bisa dengan menelan bulat-bulat bawang putih yang sudah dikupas. Atau kalau tidak kuat dengan baunya, bisa dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam kapsul.

Lebih jauh tentang khasiat Bawang putih sebagai pengendali hipertensi, cari saja artikel penemunya.




3. Belimbing Manis.
Yang meneliti adalah Universitas Sains Malaysia.
Cara pemakaian ya dengan memakannya saja. Mudah.
Ada yang menyatakan bahwa belimbing manis ini banyak mengandung serat sehingga mampu menyerap lemak tubuh yang dampaknya adalah hipertensi menjadi menurun.

4. Mentimun.
Yang melakukan penelitian adalah Universitas Airlangga dan Universitas Kristen Maranatha.
Kandungan mentimun ini adalah:
Fosfor.
Kalium Magnesium.
Vitamin A, C, E.
Betakaroten da Asam folat.

Cara pemakaian mudah sekali tinggal memakannya saja mentah-mentah atau dijus, dijadikan lalapan dan sebagainya. Sebaiknya jangan dikupas kulitnya karena kulit mentimun menurut mereka bisa sebagai obat penurun berat badan.

5. Seledri.
Yang melaklukan penelitan adalah Dr. Wilian J. Eliot, seorang Farmakolog dari Fakultas Kedokteran, Universitas Chicago.
Fungsi seledri ini mampu menekan konsentrasi hormon stres sehingga pembuluh darah kembali melebar.

Cara pemakaian, ambil seluruh bagian tanaman seledri kemudian dicuci bersih lalu direbus dengan air. Minum air rebusannya beberapa kali sehari. Atau bisa juga denagn cara dijus, jus seledri. Juga bisa dengan dibuat tumis.

Dari semua opini mereka, penyebab dari hipertensi ini adalah dikarenakan penyempitan pembuluh darah, yang tak lain salah satu yang memicunya adalah STRES.

Labels

Berita