Memilih Nutrisi untuk Rambut

Rambut indah sangat mempesona, dipandang juga tak jemu-jemunya. Rambut indah tergantung pada kulit kepala yang sehat. Untuk itu,pemenuhan nutrisi seperti vitamin dan zinc sangat diperlukan untuk rambut, terutama rambut wanita berjilbab yang rentan akan problema kerontokan dan kusam.


Tidak hanya tubuh saja yang perlu diberi asupan nutrisi, rambut pun juga sangat membutuhkannya. Bagia seorang wanita, sangat mendambakan rambut yang bersih dan sehat, banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota bagi manusia.
Tak terkecuali juga pada wnaita muslim yang ebrjilbab yang mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Tak ada salahnya kan untuk tetap menjaga kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar nutrisinya juga bisa terserap baik oleh rambut. Namun, bagi yang memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak mempunyai waktu longgar untuk memperhatikan asupan makanan, sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat yang bermanfaat bagi rambut.


Ada beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut diantaranya adalah vitamin dan mineral.




Vitamin A.
Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala karena pada dasarnya vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Vitamin A banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel.


Vitamin B dan C.
Sedangkan B dan C keduanya sangat penting dalam proses sirkulasi darah agar dapat berjalan dengan lancar sehingga rambut menjadi kuat dan tidak tampak patah-patah, bercabang, serta warna rambut pun tidak kusam.

Untuk vitamin C sendiri berfungsi sebagai zat anti oksidan yang memiliki kemampuan untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Zat B dan C bisa didapatkan dari buah-buiahan seperti jeruk, lemon dan stroberi.

Vitamin E.
Mengandung zat antioksidan, karena itu vitamin ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan kulit sehat dan memperbaiki jaringan. Juga berfungsi untuk menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut.


Selain vitamin sebagai nutrisi rambut, rambut juga memerlukan nutrisi yang didapatkan dari mineral.

Zat Besi.
Makanan yang kaya akan zat besi bila masuk ke dalam tubuh sangat memperngaruhi serta menghasilkan kesehatan tubuh dan rambut yang sehat. Zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen yang cukup ke rambut, tanpa cukup zat besi, rambut dan kantung-kantung rambut terpaksa kekurangn oksigen.




Makanan yang kaya akan zat besi bisa didapatkan dari:
  • Daging Sayur berdaun Gelap.
  • Tumbuhan polong-polongan.

ZINC.
Rambut juga membutuhkan nutrisi dari jenis mineral lainnya yaitu zinc atau seng.
Berfungsi untuk mencegah rambut rontok dan membangun protein rambut yang terdapat dalam makanan seperti daging dan seafood yang mengandung kadar zinc yang sangat tinggi.

Tembaga.
Nutrisi tembaga juga dibutuhkan dalam pigemntasi rambut sehingga rambut akan berwarna alami. Makanan yang kaya akan tembaga dapat diperoleh dari:
  • Kerang-kerangan.
  • Hati.
  • Sayuran segar.
  • Kacang-kacangan.
  • Daging.

Perawatan Luar.
Untuk mendapatkan hasil yan maksimal pada rambut, maka disarankan agar diimbangi dengan perawatan luar seperti rutin keramas tiap dua hari sekali.
Langkah ini juga sebagai keseimbangan dari nutrisi yang sudah kita konsumsi.

Meskipun nutrisi yang ada cukup, namun bila tidak dilakukan perawatan pada rmabut, maka hasilnya akan sama saja, rambut tetap tidak sehat.

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Memilih Nutrisi untuk Rambut"

  1. Akhir-alkir setiap ane menyisir rambut,rambut banyak tertinggal di sisir(rontok,red),mungkin benar masalah nutrisi dan perwatan ini kurang saya perhatikan tuk rambutku.Info yang sangat berarti untukku sahabatku,makasih banyak,happy blogging.

    ReplyDelete
  2. tips yg bagus,,,
    yg penting jg jangan sering menyiksa rambut dengan alat2 elektronik karena bisa merusak rambut dalam tempo sekejap saja.

    Alhamdulillah rambutku g rewel perawatannya justru sangat cpt tumbuh panjangnya ;)

    ReplyDelete
  3. info yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan rambut sob...

    ReplyDelete
  4. rambut saya rontok sobat, mungkin salah memilih nutrisi..

    dan terima kasih untuk infonya ii sobat, semoga rambat saya jadi sehat sobat...

    ReplyDelete
  5. untung ane mampir kemari, rambut ane juga dah mulai rontok:D ternyata nutrisi itu penyebabnya ya.?
    thanks dah di share

    ReplyDelete
  6. wah rambutku kadang juga gitu cak, kebetulan termasuk hobi manjangin rambut :D
    makasih tipsnya
    mengenai search term versi blogger, 1th yl cak rizky tulunganggung pernah mbahas cak; owner widgetnya cek di: ihsana dot com

    ReplyDelete
  7. wah mantap sob, tapi saya heran saja kalo pake shampo justru rambutku gatal dan mudah rontok dan sudah banyak jenis shampoo saya coba hasilnya sama saja, kalo tidak pake shampoo rambutku subur gan

    ReplyDelete
  8. rambut adalah mahkota siapa saja termasuk para wanita. Jadi harus kita jaga dan pelihara. artikel anda sangat bermanfaat sekali. thanks. saya tunggu artikel anda yang lain

    ReplyDelete
  9. Betul sekali sobat.Klau pake lidah buaya gimana ya?Resep alami.terimakasih atas ilmunya:D

    ReplyDelete
  10. pilih yang tradisional lebih nyaman cak, makasih tipsnya

    -yang tadi pagi ane salah naruh link p xixixi-
    met sore :D

    ReplyDelete
  11. mampir lagi ke blog sobat untuk menyimak tips-tips tentang kesehatan...

    ReplyDelete
  12. nice info, semoga berguna buat teman - teman yang punya masalah sama rambut. :D

    btw, rambut saya juga mulai rontok, jadi harus perhatiin tips ini juga, :D

    ReplyDelete
  13. Kalo rambut tidak ubanan gimana ya?

    ReplyDelete
  14. pak sungguh bermanfaat bagi yang udah merasa mengalami gangguan rambut hehe..

    pak link anda sudah terpasang di blog saya..
    http://faja12.blogspot.com/p/link-exchange.html

    mohon backlink ya pak :)

    ReplyDelete
  15. sugeng sonten...
    Aku suka minum kacang ijo , bs jg nambah nutisi rambutku hehe..

    Btw, tengkyu, matur nuwun pertolongannya.
    Hmmm.... TOP dah, mak nyus kang FC ne. Arek2 podo seneng kabeh liat hasile kinclong.. :)

    ReplyDelete
  16. benar sobat..kesehatan rambut juga perlu terjaga karena rambut juga bisa mempengaruhi kesehatan tumbuh secara keseluruhan :)

    ReplyDelete
  17. ternyata rambut ada nutrisinya juga ya,, ane paling pake shampo aja ,, :)

    ReplyDelete