lazada

Rabu, 04 Januari 2012

Buah Seribu Manfaat | Khasiat Jeruk Nipis

Nama latin jeruk nipis adalah Citrus Aurantifolia. Orang inggris menyebutnya dengan Lime, sedangkan orang Arab menyebutnya dengan Limah.
Jeruk nipis diduga berasal dari daerah Indo Cina, Myanmar atau India utara.

Buah Seribu Manfaat.
Ratusan tahun yang lalu Rasulullah SAW sudah mengatakan bahwa perutmu adalah gudang penyakit dan makanlah yang dapat menjadi obatnya.
Maksudnya adalah bahwa penyakit itu bisa sajamuncul dari sistem pencernaan yang tidak seimbang.

Berhentilah Makan Sebelum Kenyang.

Oleh karena itu, hendaknya makanan pulalah yang dijadikan sarana penyembuhan dengan cara menyeimbangkan dan membangun kembali sistem perncernaan.




Masyarakat Jawa kerap kali menggunakan air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan mengeringkan peranakan sehabis melahirkan. Begitu banyaknya manfaat jeruk nipis, sampai-sampai banyak pakar kesehatan dan pakar pengobatan menjulukinya "Buah Seribu Manfaat."

Kenapa dijuluki buah seribu manfaat, karena selain berkhasiat sebagai obat, perasan air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis akibat ikan atau senyawa lainnya.




Khasiat Jeruk Nipis.
Rasa jeruk nipis yang asam bisa untuk membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Dari kandungan berbagai minyak dan zat di dalamnya, jeruk nipis dimanfaatkan orang untuk mengatasi penyakit, seperti:
  • Disentri.
  • Sembelit.
  • Ambeien.
  • Haid tidak teratur.
  • Difteri.
  • Jerawat.
  • Kepala pusing atau vertigo.
  • Suara serak.
  • Batuk.
  • Bau badan.
  • Menambah nafsu makan.
  • Mencegah rambut rontok.
  • Ketombe.
  • Flu.
  • Demam.
  • Terlalu gemuk.
  • Amandel.
  • Penyakit anyang-anyangan.
  • Kencing yang sakit.
  • Mimisan.
  • Radang hidung.
  • Mencegah batu ginjal.
  • Menguatkan jantung.
  • Obat Batu Ginjal.
Jeruk Nipis Untuk Pengobatan Medis.
Tidak hanya sebagai minuman yang menyegarkan, namun jeruk nipis juga memiliki manfaat medis yang tinggi.
Air, buah dan daun jeruk nipis juga memiliki manfaat medis yang tinggi, antara lain bisa dijadikan obat:
  1. Hipertensi.
  2. Disentri.
  3. Vertigo.

51 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    Banyak jg ya khasiat Jeruk nipis in buat kesehatan.. buah n daunnya jg bikin mak nyuss masakan
    hmm...jd ingat sambel jeruk nipis hehe

    BalasHapus
  2. Ternyata jeruk nipis ini banyak sekali manfaatnya sobat...apalagi bermanfaat dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti hipertensi dan lainnya...
    Bisa untuk disarankan pada pasien yang ada di abngsal sobat.
    Thanks atas sharenya sobat

    BalasHapus
  3. jeruk nipis emg banyak manfaatnya sob,, seperti yg dijelaskan diatas, hehe. :)

    BalasHapus
  4. Komplit sudah,ga sia-sia nie Gan punya istri karena klo masak-masakan harus selalu ada jeruk nipis.Ternyata banyak manfaat juga kegunaannya yach.
    Makasih infonya,happy blogging.

    BalasHapus
  5. Segala sesuatu yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam pastinya bermanfaat saudaraku
    Kunjungan silaturahmi di pagi hari saudaraku

    BalasHapus
  6. Banyak manfaatnya sob...
    thanks yea

    BalasHapus
  7. Tuh yg suka ngerokok.. Langsung ngemut jeruk nipis aja biar gak bau lagi mulutnya.. Kwkwk

    BalasHapus
  8. jeruk nipis memang banyak manfaatnya
    aku suka aromanya yang buat mak ser rasa
    walau dg melihat warna jeruk yg menggoda...

    BalasHapus
  9. wah wah wah segitu banyaknya yang kasiat dari jeruk nipis.. ane malah baru tahu karena membaca posting ini..

    BalasHapus
  10. Selamat pagi sob
    selalu dapat info yg menarik di sini
    makasih sob...

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat pak.. di rumah saya ada pohonnya, biasanya digunakan seperlunya saja. kata orang2 kalau punya sakit batuk bisa sembuh jika jeruk nipis dicampur dngn kecap :)

    link anda sudah terpasang d blog saya. mhn backlinknya.. salam.

    http://faja12.blogspot.com/p/link-exchange.html

    BalasHapus
  12. wahhh alhamdulillah punya ilmu juga nih untuk mengetahui khasiat dari jeruk nipis :) ijin bookmark

    BalasHapus
  13. wuiihh,,, ternyata banyak juga manfaat jeruk nipis, baru tau ane sob,,,

    BalasHapus
  14. jeruk nipis salah satu buah kesukaan saya sob... buahnya bikin seger...

    BalasHapus
  15. jeruk memang buah yang paling ane suka,
    makasih inponya

    btw yg ditanyain ttg load yg muyer2 di blog mana cak?
    biasanya kalo itu nongol di opmin karena ngakses jenis widget flash atau video
    udah lama aku gak pake hape :D

    BalasHapus
  16. apalagi nek ujan2 dibikin wedang jeruk anget ,segger tenan cak :D
    maturnuwun tipsnya :)

    BalasHapus
  17. Saya suka jeruk nipis jika di pakai campuran minuman dingin..seger abis............

    BalasHapus
  18. banyak bnget manfaatnya trnyata, sy jg paling sukka minuman dari jenis ini

    BalasHapus
  19. wah keren sob ternyata banyak kegunaan. nah kalo saya buat batuk pake kecap sama jeruk nipis. oh ya gan kalo sariawan herbalnya apa ya?

    BalasHapus
  20. Ketika berhadapan dengan makanan yang lezat seringkali kita 'lupa diri' belum berhenti makan bila belum kenyang. Padahal ada 'rumus', berhentilah makan sebelum kenyang. Tuhan yang Maha Penyayang telah menyediakan segalanya untuk manusia. Bahan yang alami dengan khasiat nyata banyak terdapat di bumi ini. Alangkah senangnya bila di pekarangan kita tumbuh Jeruk Nipis yang begitu banyak khasiatnya. Trims sharingnya. Salam sukses.

    BalasHapus
  21. ternyata bnyk sekali kasiatnya jeruk nipis..
    ane dah lama gak pernah makan dan megang jeruk nipis hahah

    BalasHapus
  22. met pagiiii...
    Apa kabar hari ini...???

    BalasHapus
  23. Tadi lihat di blogoll ttg judul ini, sya lgsg klik karena mmg ingin tahu n sblmnya hanya tahu bbrapa. Wah ternyata byk ya, sob. Terutama ttg vertigo, sya baru tahu (pas lg ngalamin tuh). Kebetulan pula d halaman rmh pohon jeruk nipis sya sdang berbuah lebat.... Thx

    BalasHapus
  24. wah jeruk nipis memang sangat bermanfaat yach sobat.. artikel yg sangat menarik sobat...

    BalasHapus
  25. ya dong,.
    biar kecil tapi besar khasiatnya

    BalasHapus
  26. Hujan-hujan minum wedang jeruk mantap kang

    BalasHapus
  27. jeruk nipis bikin anget badan n tenggorokan.

    Btw, maaf td d blkng nyuci n buat teh. ya Allah knp sll berpikir demikian k aku?

    BalasHapus
  28. ibu q juga sering buat obat pake jeruk nipis..
    simini dg seribu khasiat :D

    BalasHapus
  29. njenengan ingin pergi...???? ;( ;( :(

    BalasHapus
  30. jeruk nipis seger kang..

    Nb. Kok up to you terus, lg nyuci....ya Alloh ya Robb..apa g ada kebaikan yg pean liat dariku ta?

    BalasHapus
  31. jeruk nipis memang jela banya manfaatnya, aku aja suka makan jeruk nipis,, terutama dicampurkan kekuah soto,,hehe

    BalasHapus
  32. saking banyak manfaatnya jeruk nipis, ulat yang bertengger di pohonnya pun gemuk-gemuk yaa.. hehe... sperti yg ada di halaman rumahku.....

    BalasHapus
  33. ane dah pernah nyoba jeruk nipis buat ngobatin ketombe... Manjur..

    BalasHapus
  34. ijin copy infonya deh.,bagus nih.,

    BalasHapus
  35. apak jeruk ini mampu menghilangkan lendir berlebih pd tenggorokan..?

    BalasHapus
  36. jeruk nipis asam2 berkhasiat tinggi

    BalasHapus
  37. jeruk nipis asam2 berkhasiat tinggi

    BalasHapus
  38. bagus ini artkel memberikan pengetahuan tentang obat2 alami.

    BalasHapus
  39. aku tiap hari minum jeruk nipis+madu, enak di perut

    BalasHapus
  40. banyak sekali ternyata khasiat jeruk nipis ini.

    BalasHapus
  41. Alternative & Natural Medicine...
    salam sehat

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    BalasHapus
  44. benar-benar banyak manfaat jeruk nipis ini, terimakasih infonya.

    BalasHapus
  45. selain dari jeruk, ada juga yang tak kalah buanyak sekali khasiatnya bahkan di juluki "Ratu Buah", siapa lagi kalau bukan buah manggis..

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label

Entri Populer Mingguan