Kamis, 15 Desember 2011

Dalil Khasiat Buah Tin

Kalau dilihat dari buahnya, Tin ini sepintas mirip dengan buah delima atau gabungan delima dan buah pear.
Keistimewaan dari buah Tin ini disebutkan dalam Al Qur'an Surat At-Tin ayat 1.
Buah Tin adalah salah satu buah yang baik, dan Rasululah SAW menganjurkan untuk memakan buah ini.



Allah SWT berfirman,
وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya:
"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun."

Nama At-Tin disebut dalam Al Qur'an hanya sekali saja, mungkin karena tempat tumbuhnya pohon Tin ini adalah di daerah subur, bukan di padang pasir sehingga sedikit yang menyebutkan hal ini.

Namun, dalam ayat tersebut, Allah SWT telah bersumpah bahwa Demi Buah Tin. Bisa diartikan bahwa Allah SWT besumpah bahwa buah ini kaya manfaat untuk kesehatan manusia.


Sedangkan dari hadits, bisa dilihat dari riwayat Ibnu Abu Darda.
Abu Darda berkata,
"Aku memberi hadiah kepada Nabi SAW sepiring buah Tin, lalu beliau berkata,
Makanlah olehmu."

Maka Abu Darda pun ikut memakannya bersama beliau dan selanjutnya Rasulullah SAW bersabda,
"Seandainya boleh aku katakan, sesungguhnya buah yang diturunkan dari surga adalah ini karena buah-buahan surga itu tidak berbiji. Maka, makanlah kalian darinya. Sesungguhnya buah Tin itu bisa memotong wasir dan bermanfaat untuk mengatasi penyakit encok (pegal-pegal kaki dan persendian)."

Jadi khasiat Buah Tin yang utama adalah:
1. Obat Sakit Wasir.
2. Obat Sakit Pegal Linu.


Khasiat utama ini sudah pernah disebutkan meski ilmu kedokteran belum maju, penelitian waktu itu juga belum berkembang seperti sekarang. Selain khasiat utama pasti ada khasiat lain dari buah Tin ini dilihat dari kandungan zat yang dimiliki.

Tak diragukan lagi, buah tin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, kalau tidak, mengapa Tuhan Yang Maha Esa bersumpah atas nama buah itu serta Rasul-Nya sangat menganjurkan memakan buah Tin ini.

33 komentar:

  1. buah tin ini sepertinya aku belum pernah liat gan,di indonesia,,,mabayk manfaatnya ya buah tin.
    oh ya gan,lagu rhoma iramanya bersatulah y ??

    BalasHapus
  2. wah gimana ya rasanya buah tin, kalo buah delima sudah pernah seger2 enak hehehe

    BalasHapus
  3. Selama hidup belum pernah lihat buah ini sob,kira2 tumbuhnya didaerah mana ya?

    BalasHapus
  4. mantap infonya gan..dan :)

    BalasHapus
  5. @bung gsu:
    benar gan judulnya bersatulah. Yg clean sulit ngedapatnya.

    @anisayu:
    jujur aku juga belu pernah tahu rasa buahnya.

    @orang Sumba:
    tumbuh di dataran subur. Di berita ada petani daerah pare kediri telah menanamnya.

    @enews:
    trims gan diusahakan

    BalasHapus
  6. masyaAlloh, sungguh ane baru tahu kasiat buah tin dari artikel ini,,
    terima kasih banyak sudah membantu memberi info buah untuk kesehatan yang bermanfaat

    BalasHapus
  7. tin, mirip markisah juga yo cak..

    o iya yang di alkatro wp kotak komengnya dimoderasi jadi gak langsung nongol dan komentar seperti ilang tanpa bekas he he

    makasih sharenya..

    BalasHapus
  8. subhanallah, apa yang telah dicontohkan Rasulullah adalah panutan yang sangat bermanfaat yang tidak terbantahkan kebenarannya hingga akhir zaman :-)

    BalasHapus
  9. sangat banyak manfaat dari buat tersebut,, gw malah belom pernah makan tuh buah,, :D

    BalasHapus
  10. subhanallah manfaatnya cukup banyak juga ya, padahal di kampung ane bnyk tu tp jarang di pakai jd obat

    BalasHapus
  11. gan dimana bisa saya dapatkan bibitnya soalnya ditempatku kurang banyak yang mengetahuinya

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah mendapatkan wawasan tentang ilmu kesehatan yang terbuat dari buah tin, saya baru tahu, terimakaish banyak wawasannya, ini snagat bermanfaat untuk saudara kita yang membutuhkannya.

    BalasHapus
  13. oalahhhh gitu toh rupanya asli bentuk wujud dari pada buah tin, ane baru tahu sumpah :D

    BalasHapus
  14. waaaaww baru ngerti wujud buah tin seperti itu :D mantap juga khasiatnya :D mantap!

    BalasHapus
  15. Blog yang sangat bagus gan,,,,,

    kunjungan balik ya gan di Website Falah Mulyana

    happy blogging gan

    BalasHapus
  16. assalamu'alaikum..
    ohh jadi mengerti bahwa buah yang ada dalam surat at-tin itu memiliki manfaat banyak.

    BalasHapus
  17. Buah tin ada di indonesi ga ya sob?Sepertinya mantebs nih

    BalasHapus
  18. Sering dengar tapi masih belum pernah lihat buah nya...

    BalasHapus
  19. Keutamaan nya sungguh sangat bermanfaat untuk kesehatan,tapi saya blom pernah merasakan lezatnya buah Tin ini.Nice post Gan,makasih ya.happy blogging.

    BalasHapus
  20. Saya pernah dengar kalau buah Tin itu salah satu buah surga setelah Zaitun, kalau tidak salah,
    layak kalau ternyata banyak khasiatnya ya

    BalasHapus
  21. Sebenarnya semua tumbuhan di alam ini mempunyai manfaat. Tinggal sejauh mana orang telah menggalinya. Ini merupakan salah satu karunia Allah SWT bagi umat manusia.

    BalasHapus
  22. wah saya baru tahu tentang buah Tin dan saya pun baru mendengar namanya sobat,,,

    trima kasih infonya sobat..

    BalasHapus
  23. hadir mencari obat obatan disini,sekalian membawakan rhoma iramanya bersatulah.

    BalasHapus
  24. assalammualaikum. wr.wb.

    sekedar informasi, bagi saudara2 yang ingin tau buah tin, bisa nitip sama teman2/saudara2 nya yang pergi ke tanah suci. di Mekkah/Madinah, bisa dibeli buah tin dalam bentuk buah yang sudah divacum, atau dalam bentuk manisan. kalau mau nyari di plaza dekat masjidil haram, atau di madinah di pasar dekat masjid nabawi. insyaAllah ketemu.

    BalasHapus
  25. alhamdullilah beruntung saya sudah merasakan lejatnya buah tin dan saya punya di rumah barang siapa yg mau pesan insya alloh ada

    BalasHapus
  26. dimana kita dapat menemukan buah tin mbak???

    BalasHapus
  27. wiss kayanya saya baru lihat ini buah gan!!!
    langka kalii ya

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. sepertinya saya pernah menjumpai dan mencicipi buah ini, rasanya hampir mirip dengan jambu biji putih..,
    buahnya banyak tumbuh dibagian batang pohonnya..

    buah ini banyak tumbuh di pulau sumatera (tempat saya, di sum-sel)

    tp waktu saya berlibur ke curug cikaso (cijampang-sukabumi) saya juga pernah mencicipi buah ini yg banyak tumbuh di pinggiran aliran sungai..,

    BalasHapus
  30. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    BalasHapus
  31. saya baru tahu rasa nya buah tin

    BalasHapus
  32. @anisayu : saya tahu rasa buah nya. enak sih

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label