Tahap Pemberian Makanan Anak

Pemberian makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu) mulai diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Makanan pendamping ASI yang pertama kali diberikan adalah bubur susu.
Kemudian diberikan nasi tim saring, nasi tim dan akhirnya nasi seperti makanan keluarga yang lain.




Pada anak yang sudah berusia 1 tahun, sudah dapat diberikan makanan keluarga. Tekstur makanan yang diberikan sudah merupakan makanan keluarga.


Untuk rasa makanan dan teksturnya, dapat diperkenalkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan adaptasi anak. Makanan keluarga yang dapat diberikan misalnya nasi dan lauk pauknya, berbagai jenis kudapan juga dapat diberikan.




Makanan yang terlalu tajam bumbunya dapat diberikan lebih akhir, mislanya rawon, gule atau lodeh.
Sedangkan nasi sup, sayur bening, ayam goreng, empal dan sebagainya sudah dapat diberikan.

Makanan dapat diberikan dengan berbagai macam variasi agar anak tidak bosan dan selera makannya akan timbul.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tahap Pemberian Makanan Anak"

  1. wahhh cocok nih buat yg sudah punya anak,, heheh,, makasih infonya sob,, :)

    ReplyDelete
  2. kalo keponakan ane sihh suka dikasih pisang om! kalo dikasih bubur2 gax mau!

    ReplyDelete
  3. lumyan dapat ilmu sob, buat persiapan punya anak nanti,,hehe

    ReplyDelete
  4. informasi yang sangat bermanfaat bagi para orang tua yang memiliki anak balita, agar sang anak bisa mengkonsumsi makanannya sesuai usianya :)

    ReplyDelete
  5. asupan makanan dan nutrisi yang baik tentu saja berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil...informasi yang berguna untu para calon orang tua

    ReplyDelete
  6. dilakukan teratur sesuai petunjunk sangat bagus nih :) btw ane menyelenggarakan kontest kecil kecilan nih sob siapa tau sobat mau ikutan :) hadiahnya sih lumayan dari pada gak dapet :)

    ReplyDelete