Mencegah Hipertensi Secara Alami

Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah seseorang berada di atas angka normal, tekanan darah sistolik mencapai nilai 140 mmHg atau lebih tinggi dan tekanan darah diastolik mencapai nilai 90 mmHg atau lebih tinggi dari itu.

Hipertensi dapat terjadi pada pria maupun wanita dan resiko untuk menderita hipertensi semakin meningkat pada usia 50 tahun ke atas.


Kenapa Perlu Memeriksa Tekanan Darah.
Hampir 90 persen kasus hipertensi tidak diketahui penyebab sebenarnya, sebagian besar hipertensi tidak memberikan gejala (asistomatis).
Hal inilah kenapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan darah secara rutin.
Hanya pemeriksaan tekanan darah tinggi yang menggunakan tensimeter diagnosa hipertensi dapat diperoleh hasil yang akurat.




Gaya Hidup Sehat
Diduga penyebab hipertensi diantaranya adalah:

1. Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosterid (cortison)
2. dan beberapa obat hormon secara terus-menerus dapat meningkatkan tekanan darah seseorang.
3. Selain itu, merokok juga merupakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan darah tinggi dikarenakan tembakau yang berisi nikotin.
4. Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Pola gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat seseorang beresiko terserang penyakit darah tinggi. Untuk mengatasinya, seseorang dapat menerapkan pola hidup sehat dengan cara berhenti merokok, berolahraga secara teratur dan atur pola makan yang sehat.
Perbanyak mengkonsumsi sayuran juga bisa mencegah serangan hipertensi.


Cara Alami Menghindari Resiko Hipertensi.
1. Mempertahankan berat badan normal.
2. Konsumsi Coklat.
3. Seseorang yang menjadi aktif secara fisik (berolahraga) merupakan salah satu langkah yang paling penting yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi atau mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini juga membantu resiko penyakit jantung.
4. Pasien hipertensi biasanya dianjurkan untuk berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit, jadi lakukan kegiatan ini untuk menghindari resiko hipertensi.
5. Pada saat pagi hari dan sore hari, selama 5 menit tarik nafas secara dalam dan buang secara perlahan. Hal tersebut bisa menurunkan renin, yaitu enzim pada ginjal yang bisa meningkatkan tekanan darah.
6. Perbanyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung Potasuium.






Berjalan kaki dan olahraga akan membantu jantung menggunakan oksigen secara efisien sehingga jantung tidak terlalu bekerja keras untuk memompa darah. Usahakan untuk bernafas secara perlahan, tidak tersengal-sengal dan lebih teratur setiap hari.

Selain mengolah pernafasan, pasien hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat hitam setengah ons setiap hari. Karena menurut penelitian, dengan mengkonsumsi coklat bisa menurunkan tekanan darah cukup signifikan. Selain coklat, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Usahakan mengkonsumsi potasium 2000 hingga 4000 mg per hari.
Makanan yang mengandung potasium diantaranya adalah:
  • Kentang.
  • Tomat.
  • Pisang.
  • Kacang polong.
  • Jeruk.
Gaya hidup yang tak sehat bisa memicu seseorang mengalami hiperntensi, dari itu selain membiasakan makan makanan sehat dan kaya serat serta potasium, juga harus rajin berolahraga dan latihan pernafasan secara teratur.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Mencegah Hipertensi Secara Alami"

  1. Assalamu'alaikum...
    sugeng enjang...pripun kabare? mugi Allah paring kawilujengan. amin...

    wew, tips yg bagus dan alami pula. sll tersenyum jg bs mencegah hipertensi dari dalam, betul gak ya...hehe

    btw, bukunya bagus n maknyuss. itu motivasi secara islami kok.
    trims da temani aku obrak abrik buku :)

    ReplyDelete
  2. wah ini sungguh bagus, kupaling takut dg darah tinggi karena kepala cenut cenut hihi

    ReplyDelete
  3. cegah Hipertensi Secara Alami sejak dini memang diperlukan

    ReplyDelete
  4. mesti banyak2 makan tomat nih biar bisa mencegah hipertensi

    ReplyDelete
  5. seneng cak yang alami gini, kebetulan bapakku juga kebagian dan pake yang tradisional wae
    makasih tipsnya.. maknyoos :D

    ReplyDelete
  6. jangan sampai deh punya penyakit hipertensi, kurangi kambing juga nih harus. :o thanks banget tipnysa

    ReplyDelete
  7. Coklat sangat ane suka Gan,ternyata ada guna untuk menekan hipertensi yach,makasih banyak infonya,happy blogging.

    ReplyDelete
  8. saya sering pusing kalo lagi jengkel, darah tinggi kali ya?

    ReplyDelete
  9. wahhh harus banyak2 makan coklat nihh!
    info bagus gan!!

    ReplyDelete
  10. tips yang bermanfaat, terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
  11. triknya agak sulit dilakukan sob.. barang mewah sih..

    ReplyDelete
  12. Wahh, sepertinya artikel ini harus dibaca oleh temen saya neh... Dia memang hipertensi..
    nice share Sob...

    Salam kenal Sob...
    boleh tukaran link ya...
    link Sobat udah saya pasang di homepage blog saya...
    ditunggu backlinknya Sob..
    :)

    ReplyDelete
  13. Ane baru 32an tahun tapi tekanan darah rata2 140/90. Sungguh terlalu... tantangan terberatnya adalah menurunkan berat badan... :)

    ReplyDelete
  14. kami menawarkan solusi terbaik dalam pengobatan herbal untuk penyakit hipertensi silahkan kunjungi web site kami http://obatherbalalami.biz

    ReplyDelete
  15. sekedar info gan, kalau yang sudah terkena hipertensi dan ingin mengobatinya, ada cara alami mengatasi tekanan darah tinggi. bisa dibaca lebih jelas di blog saya ubinpetak.blogspot.com

    ReplyDelete

Labels