Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Hati

Selamat pagi.
Langsung saja mau share tentang penyebab, gejala, apakah menular dan makanan apa saja yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit kanker hati ini.


Berikut Point-Point nya.
Gejala Kanker Hati:
  1. Cepat capek.
  2. Badan terasa lemah.
  3. Sering menggigil di malam hari.
  4. Demam di pagi hari.
  5. Berat badan turun drastis.
  6. Sering merasa nyeri di bagian punggung dan bahu.
  7. Terkadang batuk atau muntah darah.
  8. Seluruh kulit menjadi kuning.
  9. perut buncit.
  10. Nyeri perut atas.
  11. Berak berwarna hitam.
  12. kaki bengkak.




Kanker hati atau Hepotema merupakan suatu proses keganasan pada organ hati, baik primer maupun sekunder.
Kanker hati primer artinya sel-sel kanker mulai tumbuh dari sel hati itu sendiri yang selanjutnya bisa menyebar dan merusak organ lain.
Sedangkan pada kanker hati sekunder disebabkan adanya proses penyebaran kanker dari tempat lain, misalnya dari kanker saluran pencernaan, kanker paru, kanker payudara dan sebagainya.

Kanker hati pada stadium awal.
Pada umumnya tidak bergejala dan tanpa keluhan yang jelas.
Kanker hati baru akan menimbulkan gejala bila telah memasuki stadium lanjut, misalnya akan muncul keluhan seperti gejala di atas.




Penyebab Kanker Hati.
Penyebab pastinya masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab kanker hati yaitu:
  1. Infeksi virus Hepatitis B dan Hepatitis C.
  2. Sirosis hati.
  3. Predisposisi herediter.
  4. Ras.
  5. Infeksi parasit clonorchis sinensis.
  6. Makanan yang mengandung bahan hepatokarsinogenik (jamur aflatoxin, alkohol).
  7. Banyak mengkonsumsi obat-obatan.
  8. Zat pewarna.
  9. Pemanis buata.
Alasan Makanan Tersebut jadi Penyebab.
Hal ini disebabkan karena fungsi hati adalah sebagai penawar racun yang berasal dari obat-obatan maupun makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga semakin sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut di atas, maka kerja hati akan semakin berat.

Racun-racun tersebut menumpuk di hati inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati.
Untuk mendiagnosa suatu kanker hati, diperlukan pemeriksaan fisik yang teliti dan pemeriksaan di laboratorium seperti,
  1. Tes fungsi hati.
  2. Tes pertanda virus hepatitis.
  3. Tes pertanda tumor.
  4. Tes USG.
  5. CT-Scan.
  6. Angiographic Hepatic.
  7. Biopsi hati.
  8. Laparoskopi.
Penularan:
Kanker hati tidak menular, akan tetapi penyebab kanker hati ada yang menular, misalnya adalah virus hepatitis B yang dapat ditularkan melalui:
  1. Hubungan intim.
  2. Berciuman dengan penderita.
  3. Jarum suntik. Tatto.
  4. Transfusi darah.
  5. Bersentuhan dengan cairan tubh penderita melalui luka kulit yang terbuka atau selaput lendir mata dan mulut.

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Hati"

  1. kalau batuk dan mutah darah ane paling ngeri tuh gejalanya, semoga ane gak kenapa kenapa :)

    ReplyDelete
  2. jadi ingat Bp. Dahlan Iskan ex Dirut PLN yg sempat kena sirosis n implant hati.

    Smg kita bisa jaga hati....

    Btw. Aq G msk krj saudrane nenek tilar ndonyo, sakit jantung d sby.
    Oia...kambinge pean wes dtg? Alhamdulillah ya, aku jg nitip kmbng tp via YDSF aj.
    Smg berkah semua. Amin...

    ReplyDelete
  3. ternyata bisa nular juga ya gan, info diagnosisnya lengkap gan

    ReplyDelete
  4. selamat menunaikan ibadah puasa Arofah
    selamat menyambut Hr Ry Idul Adha bersama keluarga
    trims...mw brngkt ta'ziyah k sby

    ReplyDelete
  5. Berarti kita harus selalu selektif gan ya terhadap Point 8 dan 9,karena dua zat ini sering sekali terdapat pada makanan yang kita konsumsi setiap hari.Makasih infonya,happy weekend and happy blogging ajah.

    ReplyDelete
  6. info bagus gan,,,
    dan selamat hari raya idul adha ^_^
    mohon maaf apabila ada kesalahan....

    ReplyDelete
  7. semoga bisa terhindar penyakit Kanker Hati. Amin

    ReplyDelete
  8. ngeri gan, saya gk mau kena kanker hati....

    ReplyDelete
  9. harus betul2 jaga kesehatan nhh..

    ReplyDelete
  10. asswrwb...., malam Pak, waduh...semoga kita semua selalu diberi nikmat sehat jasmani-rohani oleh Allah SWT....Amin.

    ReplyDelete
  11. ich,,jadi ngeri ya sob ,mesti berhati hati bila berdekatan dengan sipenderita kanker hati,

    ReplyDelete
  12. wah,... ngeri tuh penyakit kanker hati sangat berbahaya juga yah,.. takut ah,..
    saya akan jaga hati saya,.. dengan baik-baik ,.. terima kasih atas informasinya,..

    ReplyDelete
  13. Makasi infonya gan, seram jg liat gejalanya

    ReplyDelete
  14. terima kasih atas info gejala kanker dan penyebab kanker hatinya ini sobat...

    ReplyDelete
  15. just read the post gr2 googling cari info ttg kanker hati yg merenggut nyawa sahabat saya beberapa hari yg lalu. TFS,semoga kita bs lebih aware dengan kesehatan kita.

    ReplyDelete
  16. untuk membaca informasi tentang " kenali gejala dan penyebab kanker hati " secara lengkap anda dapat mengunjungi http://www.beritakanker.com/

    ReplyDelete
  17. hy, aku robby..
    dada kanan gw sering terasa sakit, kadang-kadang terasa kesemutan mulai dari dada kanan, punggung sebelah kanan, n bahu kanan, pokoknya yg disekitar dada kanan aku terasa kesemutan n sakit2an.. aku takut ada apa2 nih, mau ngomong sama ortu takut ntar mreka jadi cemas n banyak pikiran..

    kira2 ini cuma kesemutan biasa atau ada penyakit ni yg mulai muncul..?
    aku takut ni :(

    tolong pencerahanya ya :)

    Fb Q : kakak_robby@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. Baru tau ternyata kanker hati bisa menular, tambah serem aja. Trims mas udah share gejala-gejalanya jadi kita bisa segera mengobatinya sebelum terlambat :)

    ReplyDelete
  19. waduuhh,,kanker hati ternyata bisa menular.SemoganTuhan akan selalu melindungi dari segala macam penyakit yang menular..
    bagi yang sering buat orang sakit hati terutama seseorang tolong berubah.


    ReplyDelete
  20. CIPADU HOLISTIC CENTER
    { CHC }




    {Foto Saat interaktif di Radio Safari }
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC

    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.




    ReplyDelete