Apa Penyebab Bau Badan

Aroma tubuh yang kurang sedap tentu akan membuat seseorang tidak percaya diri di hadapan umum. Selain itu bau badan atau sering disebut BB juga sangat mengganggu.
Karena itu, agar terhindar dari BB yang tidak sedap, kenali terlebih dahulu penyebabnya.

Bau badan yang tak enak tentu akan mengganggu aktivitas.
Jika Anda salah satu yang mengalami BB, maka harus segera mengatasinya. Namun, sebelum mulai membasmi BB, alangkah baiknya jika mencari tahu apa yang menyebabkan BB itu terjadi.


Keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar, yaitu:
1. Kelenjar Accrine.
Memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi. Biasanya muncul di tangan, punggung serta dahi.

Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.

2. Kelenjar Apocrine.
Kelenjar ini terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya cairan yang dihasilkan kelenjar apocrine hanya berbau lemak saja, namun karena setiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbullah Bau Badan yang tak sedap.

Penyebab Bau Badan.
1. Kondisi jiwa seseorang seperti stres atau emosi, sebenarnya juga mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah BB.

2. Faktor lain yang menjadi pemicu BB adalah kegemukan.
Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit.

3. Faktor genetik (keturunan) juga berpengaruh terhadap timbulnya BB.

4. Selain itu, makanan tertentu diketahui dapat memperparah BB seperti daging-dagingan, bawang, jengkol, makanan pedas tertentu, bumbu-bumbu yang menyengat, rokok dan alkohol.

5. Dan yang terakhir adalah penyakit sistemik, seperti penyakit diabetes yang diketahui juga dapat menyebabkan bau badan.

Dengan menjaga emosi dan menjaga berat badan seimbang, minimal akan dapat mengurangi Bau Badan.

Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "Apa Penyebab Bau Badan"

  1. bagus gan infonya, kira-kira ada solusi ya supaya Kelenjar Apocrine tidak menghasilkan bau, misalnya bakteri

    ReplyDelete
  2. bau badan yg ga sedap memang meresahkan, info yg menarik untuk ku tahu solusinya....

    ReplyDelete
  3. mantabs gan,tipsnya,
    memang sangat menjengkelkan apabila kita mengalami BB,untung saya tidak,,hehe

    ReplyDelete
  4. good tip..gan ada articel tentang penyakit ambein g ?

    ReplyDelete
  5. wah dikupas tuntas tentang asal usul baubadan.. thnks infonya.

    ReplyDelete
  6. nice info

    duh...kasihan si cewek tuh dlm photo, jd ingat klo naik bis hue hue... :(

    ReplyDelete
  7. nah ini masalahnya kenapa aku milih ngonthel pit daripada naik angkot cak he he, nek deket orang yang bb agak puyeng :D
    makasih sharenya :)

    ReplyDelete
  8. faktor turunan mungkin agak dominan yo cak dan kadang identik dengan gangguan pada pencernaan :)
    makasih inpone :D

    ReplyDelete
  9. aku tuh sering ketemu orang dr suku tertentu dan baunya khas, sama. apa itu keturunan ato kebiasaan makan daging mentah mereka kyknya ya.

    emmmmmm....ojo di off to....jd sedih aku :(

    ReplyDelete
  10. ada suku tertentu yg baunya khas. itu keturunan ato faktor makanan yo?

    emmmm.....ojo di off to......., sedihe hatiku dg keputusanmu. tegone....

    ReplyDelete
  11. Ternyata emosi juga berpengaruh ya.!
    Wah, baru tahu saya mah..hehehe
    Thanks sob infonya..

    ReplyDelete
  12. Oh jadi gitu ya gan makasih infox, tambah pengetahuan lagi nih

    ReplyDelete
  13. info yang sangat berguna, ternyata stres bisa juga menimbulkan bau badan :D

    ReplyDelete
  14. cara mengatasi bau badan ada gak sobat????heheheh

    ReplyDelete
  15. ternyata makanan faforitku Bawang, juga menyebabkan ya? wahhh harus di kurangin nih!

    ReplyDelete
  16. bau badan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri,, ternyata itu penyebabnya,, hehehe,

    ReplyDelete
  17. emang mengganggu gan. dan membuat ga pede kalo ketemu klien, hehe. tapi udah dijelasin itu sama agan tips2 menghilangkan BB.
    thanks for share gan..

    ReplyDelete
  18. Bau badan memang tidak menyenangkan,meresahkan..

    ReplyDelete
  19. jadi tah bau badanku selama ini penyebabnya pa

    ReplyDelete