Wednesday, October 5, 2011

Ubun-Ubun Bayi Berdenyut Keras

Bayi memang belum memiliki tulang yang sempurna seperti orang dewasa.
Pada kepala bayi, didapatkan dua ubun-ubun, yang besar pada bagian depan sedangkan yang kecil pada bagian belakang. Terbentuknya ubun-ubun ini karena pada bayi masih didapatkan celah antar tulang tengkorak.

Adanya ubun-ubun besar ini adalah agar otak dapat berkembang sampai mendekati ukuran dewasa.
Ubun-ubun kecil pada bagian belakang kepala biasanya menutup dengan sempurna setelah berusia 2 bulan. Ubun-ubun besar bayi sebagian besar menutup pada anak usia 1 tahun, dan biasanya maksimal usia 2 tahun, ubun-ubun besar pada bayi sebaiknya sudah menutup.



Lalu bagaimana kalau bayi sudah berusia lebih dari 2 tahun, semisal 2.5 tahun namun ubun-ubun besar bayi masih belum juga tertutup.
Perlu diketahui, kalau dalam keseharian, si bayi tidak menunjukkan hal yang mencurigakan, atau dengan kata lain tumbuh kembang bayi berjalan dengan normal saja, Insya Alloh ubun-ubun besarnya akan menutup secara normal nantinya.



Akan tetapi kalau ada keterlambatan pada tumbuh kembangnya, sebaiknya diperiksakan ke dokter anak terdekat agar diketahui penyebab keterlambatan tumbuh kembangnya serta penyebab terlambat menutupnya ubun-ubun besarnya.

Labels

Berita