Sabtu, 29 Oktober 2011

Penyebab Sakit Menurut Islam

Saudara-saudaraku yang seiman, kita hidup di dunia ini ada batas waktunya, kematian pasti sudah digariskan entah kapan. Kita tidak boleh bunuh diri atau membunuh orang lain hingga menyebabkan kematiannya.


Kenapa banyak orang bunuh diri.
Banyak penyebab yang mungkin, diantaranya adalah depresi, himpitan ekonomi dan lain sebagainya. Berbuat zalim saja tidak boleh, apalagi sampai bunuh diri dan membunuh orang.
Namun, semua itu disebabkan karena lemahnya iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Apabila kita sering berbuat zalim, biasanya Allah SWT memberikan peringatan kepada kita berupa penyakit.

Menurut agama Islam, semua musibah atau bencana yang mendera manusia adalah sisebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri, baik berupa penyakit,kecelakaan, kehinlangan, bencana alam, bahkan hingga kematian.

Allah SWT berfirman,

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولا وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا

Artinya:
"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, Maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu (Nabi Muhammad) menjadi Rasul kepada segenap manusia. dan cukuplah Allah menjadi saksi."
(QS. An-Nisa': 79)

Kalau kita ingin sembuh, kita harus memperbaiki akhlak atau tingkah lakukita. Di satu sisi harus berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Sebenarnya Allah SWT sangat menyayangi kita. Kita diberi peringatan berupa penyakit dan musibah karena Allah Maha Penyanyang. Allah SWT memberikan peringatan kepada kita agar kita mau kembali ke jalan yang benar, jalan yang dirahmati dan diridhai Allah SWT.

Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya:
"Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman."
(QS. Yunus: 57).

12 komentar:

  1. kadang kala penyakit yang datang kepada kita bukanlah teguran melainkan Allah sedang menguji ketaqwaan serta kesabaran hambanya dan tentunya kita sering kali lupa akan hal itu. mantap sobatku mengingatkan kita semua

    BalasHapus
  2. banyak bersyukur kepadanya agar kita senantiasa hidup tenang dan ikhlas dalam menerima cobaan darinya baik berupa penyakit maupun cobaan lainya,

    BalasHapus
  3. dalam suka maupun duka sll berprasangka bak sj sama Allah, karena pasti ada hikmah di dalamnya.

    Bolos....

    BalasHapus
  4. iya tuh setiap penyakit selalu datang dari ulahnya sendiri. Ada juga yang di uji karna menurut allah apakah orang tersebut bisa melewati rintangan/kesabaran dari penyakit ini. Seperti nabi ayub 7 tahun menderita penyakit dan ia lolos dari kemurkaan dan kenistaan, :)

    BalasHapus
  5. memang jika hati tenang dan dekat dengan allah swt, perasaan dan jiwa serta jasmani terasa sehat,,,, sangat mencerah kan sekali sob,,, thankss,, oh ya,, ngomong-2 bentar lagi 2012 nih, pa blog sobat akan ganti nama jadi obat sakit 2012? hehe

    BalasHapus
  6. penyakit datang merupakan peringatan dari Alloh SWT

    BalasHapus
  7. Semoga Allah memberikan aku petunjuk-Nya dan membimbing aku di jalannya sampai akhir nafasku……!!!

    BalasHapus
  8. sungguh besar karunia Alloh Swt..
    semoga kita selalu mendapatkan perlindungan darinya..amien

    BalasHapus
  9. Segala puji bagi Allah SWT.

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label