Pencucian dan Pengeringan Bahan Jamu

Pencucian dan pengeringan bahan jamu ini sebisa mungkin dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh manfaat yang diinginkan.

Setelah bahan tanaman obat dikumpulkan, segera cuci bersih dan sebaiknya dilakukan pada air yang mengalir. Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, baik tanah, telur cacing atau bahan berbahaya seperti pestisida.


Bahan tanaman yang telah bersih dapat segera dimanfaatkan sebagai obat dan bila diperlukan dengan segera atau dikeringkan dulu untuk disimpan, bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pengeringan bahan tanaman obat dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kadar air, sehingga mencegah terjadinya pembusukan oleh cendawan atau bakteri. Dengan demikian, bahan dapat lebih tahan lama disimpan dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Bahan yang telah kering, juga lebih mudah dihaluskan bila ingin dibuat serbuk.


Cara Melakukan Pengeringan Bahan Jamu adalah sebagai berikut:
Bila bahannya besar atau banyak mengandung air, dapat dipotong-potong seperlunya. Pengeringan bahan dapat dilakukan di bawah sinar matahari langsung atau memakai pelindung seperti kawat halus, sehingga pengeringan tidak terlalu cepat.

Pengeringan dapat juga dilakukan hanya dengan mengangin-anginkan bahan obat di tempat yang teduh atau di dalam ruang pengering yang aliran udaranya baik.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pencucian dan Pengeringan Bahan Jamu"

  1. dengan bahan yang tepat dan pengolahan yang tepat, sangat bermanfaat untuk obat pengakit.. nice share gan :)

    ReplyDelete
  2. maaf gan baru sempat berkunjung makin mantap blognya

    ReplyDelete
  3. Assalam'alaikum....
    tips bagus untuk yg meramu bahan sendiri

    hati2 di jalan....
    sugeng rawuh dateng Sby.... :)

    ReplyDelete
  4. mugi Allah paring kawilujengan..
    aku percaya n sll mendukung sepenuhnya

    ReplyDelete