lazada

Rabu, 07 September 2011

Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh

Kita semua pasti pernah merasakan panasnya terik matahari. Teriknya matahari ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
Matahari diciptakan oleh Tuhan memang memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan hidup tumbuhan, hewan dan manusia. Paparan matahari ini ternyata juga bisa dijadikan terapi beberapa penyakit.





Simak di bawah ini beberapa manfaat paparan sinar matahari bagin tubuh kita. Setidaknya ada tujuh poin yang perlu diketahui. Malah bagi beberapa orang dari negara yang jarang menerima sinar matahari, mereka tak segan merogoh kocek untuk dapat menikmati teriknya matahari ini. Banyak para turis berlibur dan melancong ke negara asia dan mereka suka berjemur.

Ini dia beberapa manfaat sinar matahari:

1. Sumber Vitamin D.
Kalau yang satu ini memang sering kita ketahui dan kita dengar semenjak masa sekolah maupun pra yang mungkin saja orang tua memberitahu kepada kita.
Dalam sinar matahari mengandung sinar yang namanya ultraviolet. Nah pada saat kita berjemur, sinar ini disaring di kulit, dan sinar ini merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D.
Kalau kita menerima sinar matahari selama 5 menit saja, itu sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh.

2. Meredam Kolesterol Darah.
Hal ini bisa terlihat dari derasnya keringat bila kita berjemur di bawah sinar matahari. Seolah semua penyakit yang diderita keluar yang keluar.
Setelah kolesterol yang ada di bawah kulit tadi dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh akan memberikan sinyal kepada kolesterol untuk keluar dari darah menuju kulit. Sehingga kolesterol pun ikut teredam karenanya.

3. Membunuh Bakteri.
Sinar matahari juga mampu membunuh bakteri penyakit, virus dan juga jamur. Biasanya terapi sinar matahari ini diberikan kepada penderita TBC, erysipelas, pneumonia, mumps dan asma.
Beberapa virus penyebab kanker juga dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini.

4. Mengurangi Gula Darah.
Gula darah berhubungan dengan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.
Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula menjadi glycogen yang kemudian disimpan di hati dan otot.

5. Kesehatan Pernafasan.
Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan tubuh. Sinar matahari mampu meningkatkan jumlah gkikogen yang otomatis juga akan memberikan kebugaran pernafasan.

6. Membentuk dan Memperbaiki Tulang.
Dengan meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium. Kondisi inilah yang dapat membentuk dan memperbaiki tulang.

7. Meningkatkan Kekebalan.
Pada saat kita terkena sinar matahari, maka akan terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit yang berguna untuk melawan penyakit, dan otomatis antibodi pun akan ikut meningkat.

Bagaimana, Anda tertarik dengan berpanas ria di bawah sinar matahari atau tidak.
Tips yang baik adalah setidaknya luangkan waktu selama 30 menit saja untuk dapat menikmati panasnya sinar matahari dan lebih baik dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6 komentar:

  1. Yang sering saya rasakan bila pagi tak terkena sinar matahari adalah badan terasa lemah.Nice post Gan,makasih untuk info yang bermanfaat ini.

    BalasHapus
  2. manfaatnya bagus ini gan, tapi bikin item nih kulit.
    saya kalo seringnya untuk anak saya yang masih kecil, bisa ngilangin penyakit kuning.bener ga ya bos

    BalasHapus
  3. sinar mentari pagi menusuk resah
    penyakit musnah hiduppun terasa indah

    wah info yg hangatkan suasana... :)

    BalasHapus
  4. sinar mentari menyehatkan diri
    sinar dhuha menyehatkan jiwa

    bersyukur kita berada di belahan dunia yg penuh sinaran cahaya

    BalasHapus
  5. Asswrwb, sinar matahari pagi mmg bnyk manfaat bg tubuh kita, nice share....^_^

    BalasHapus
  6. Yang paling utama adalah membunuh kuman & bakteri yang menempel di kulit,tapi itu juga sinar matahari di pagi hari yang bagus
    Mampir balik ya ke blog saya

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label

Entri Populer Mingguan