Rabu, 10 Agustus 2011

Khasiat Kismis

Kismis ini nama lainnya adalah vitis vinifera.
Merupakan anggur yang dikeringkan serta dapat dimakan langsung. Kismis juga seringkali digunakan dalam masakan. Kismis memiliki rasa yang sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang sangat tinggi.

Pada saat ini kismis banyak diperjualbelikan dalam berbagai tingkatan mutu.
Jenis kismis yang baik berasal dari Yunani dan negara-negara Mediterania lainnya, serta dari negara Australia.
Kismis yang terbaik adalah yang berbentuk besar, banyak lemak dan daging atau isinya, kulitnya tipis, bijinya dapat dicabut (kalaupun ada biasanya isinya sangatlah kecil).




Ternyata kismis tidak hanya cocok sebagai tambahan makanan saja, akan tetapi dia juga memiliki berbagai manfaat yang berkhasiat untuk kesehatan. Ibnu Qayyim pernah menulis dalam bukunya yang berjudul Metode Pengobatan Nabi, bahwa terdapat dua jenis hadits, namun tidak shahih terkait dengan kismis ini.
Pertama,
"makanan terbaik adalah kismis, karena dapat mengharumkan mulut dan mencairkan dahak."
Kedua,
"makanan terbaik adalah kismis, karena dapat menghilangkan lelah dan dapat memperkuat saraf serta meredakan kemarahan, disamping juga memperindah warna kulit dan mengharumkan bau mulut."
Wallahu A'lam.

Manfaat kismis yang lain adalah bisa digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu kismis juga mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi untuk pembentukan darah.
Kandungan phenolic phytonutrients nya juga berguna sebagai pembunuh kuman, antibiotik serta anti oksidan.
Bagi mereka yang ingin memiliki mata yang sehat juga disarankan mengkonsumsi makanan ini, karena di dalam kismis mengandung banyak sekali vitamin A, A-Beta Karotin dan A-Karotin.

Kismis juga mengandung fruktosa dan glukosa.
Hal ini dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh manusia, dengan demikian kismis dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan diet yang ideal, atau bagi mereka yang ingin menambah berat badan tanpa mengumpulkan kolesterol.
Hal ini lebih didorong karena adanya banyak vitamin, asam amino dan mineral seperti selenium, fosfor dan lainnya. Kandungan vitamin yang banyak di dalam kismis dapat menfasilitasi penyerapan zat gizi lain dalam protein tubuh.


Selain itu, kismis juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan alami.
Hal ini disebabkan karena ekstrak kismis dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen (penyebab penyakit)_, seperti Lysteria monocytogenes, Escherichia coli 0157:H7 dan Staphylococcus aureus.
Dengan demikian, penambahan kismis ke dalam makanan dapat menghambat pertumbuhan mikroba patogen dan perusak makanan.

Namun yang perlu diperhatikan.
Meskipun kismis memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, akan tetapi kismis tidak disarankan untuk dikonsumsi secara teratur bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.
Hal ini disebabkan karena rasa manis yang terdapat pada kismis merupakan gula alami yang memiliki nilai glikemik cukup tinggi, sehingga menyebabkannya mudah diserap menjadi gula darah dalam tubuh kita.

20 komentar:

  1. kok bentuknya kaya buah kurma ya sob?
    kok bentuknya kaya buah kurma ya sob?

    BalasHapus
  2. Oalah ini namanya kismis to? Padahal sering makan tp ga tau bhs indo nya xixixi

    BalasHapus
  3. saya kira kurma gan soalnya dari gambar yang pernama persis buah kurma,

    btw ganti kulit nih,, hhe

    BalasHapus
  4. ternyata kismis banyak juga khasiatnya gan, saya pikir cuma pelengkap campuran kue nih hehehe

    BalasHapus
  5. makasih mas...jadi tahu kalau kismis bnyk jg kegunaannya....padahal selama ini taunya kalau buat kering atau cake suka pakai kismis, agar kelihatan cantik dan enak rasanya...

    BalasHapus
  6. lama gak kesini udah ganti kulit ternyata hehhee
    gan sukses klik satu disini gan,cekidots

    BalasHapus
  7. Subhanallah... bnyak banget manfaatnye ye, baru tau.. makasii kamsiaa.. infonye :)

    BalasHapus
  8. dari beberapa penjualnya suka bilang, bisa bikin anak pinter... itu gimana ya sob...

    BalasHapus
  9. biasanya saya sering makan bersama roti ,roti kismis...

    BalasHapus
  10. Wee. .Ane sih bisa makannye aje. .Soal manfaat e baru tau skrang sob

    BalasHapus
  11. Awalnya Ayas kirain tuh Buah Kurma MIni Boss!!
    ternyata eh ternyata itu adalah buah Anggur yg dikeringkan toh!!
    Hwehee..
    Rasanya manis legit,,, Berkhasiat lagi!!
    MANTAAAF@!!

    BalasHapus
  12. Ini makanan kesukaan saya nih, apalagi tadi baca manfaat dan khasiatnya jadi makin suka..

    BalasHapus
  13. Manfaatnya banyak bener ya, tapi belum boleh buat yang diabetes ya.. btw mantaf..

    BalasHapus
  14. kismis,,, masnis nih,,he
    templete blognya diganti nih, sob,,, kereen,,

    BalasHapus
  15. Saya suka sekali makan kismis,tapi baru sekarang tahu khasiatnya.Thank's for good info.Gbu.

    BalasHapus
  16. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil