Keajaiban Kurma | Menu Sahur dan Berbuka

Buah kurma ini merupakan salah satu buah favorit Rasulullah SAW di bulan Ramadhan. Karena pada bulan mulia itu, Rasul menjadikan buah kurma sebagai makanan pembuka waktu berbuka puasa dan makanan penutup pada saat sahur.

Pohon kurma bisa tumbuh dengan cepat di daerah yang panas seperti yang ada Arab Saudi. Buah kurma ini telah beberapa kali disebutkan dalam Al Qur'an.

Oleh karenanya, para ahli banyak melakukan penelitian tentang buah kurma. Dan hasilnya pun ternyata memang cocok seperti yang dijelaskan dalam kitab suci Umat Islam tersebut.

Kini tinggal beberapa hari lagi, umat Islam kedatangan bulan suci Ramadan. Dan dalam bulan Ramadan, selalu saja ada menu kurma yang beraneka.


Ramadhan sudah tiba.
Umat Islam pun berlomba-lomba untuk beribadah di bulan yang suci ini. Ada tradisi yang melekat kuat di masyarakat Arab maupun di Indonseia, atau malah bahkan di negara lain bahwa Ramadhan juga identik dengan buah kurma.
Di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, kurma ini menjadi makanan favorit para jama'ah di sana saat berbuka puasa. Begitu juga di Indonesia, buah kurma menjadi buah yang paling banyak di cari.

Rupanya tradisi tersebut bukan tercipta dengan sendirinya. Mereka meneladani cara Rasulullah SAW berbuka dan makan sahur.
Allah SWT berfirman,
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا  artinya:
"Sesungguhnya pada diri Rasululah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap ridha Allah dan hari akhir serta banyak berzikir kepada Allah."
(QS. Al Ahzab: 21).





Sebagaimana diriwayatkan banyak hadits, Rasulullah SAW menyukai buah kurma sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa serta menjadi makanan penutup di kala sahur.
Teladani sunnah, berarti akan berpahala.

Teladan Rasulullah.
Rasululah SAW bersabda,
"Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah kurma."
(HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi).

Rasululah SAW menegaskan, barang siapa yang tidak menemukan kurma, hendaknya bersungguh-sungguh untuk sahur walau hanya dengan meneguk satu teguk air, karena fadhilah atau keutamaan dari sahur tersebut.
Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya makan sahur adalah berkah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan."
(HR. An Nasa'i dan Ahmad).


Sedangkan saat berbuka puasa, Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan buah kurma.
Dari Salman bin Amir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,
"Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci."
(HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Dalam hadits lainnya disebutkan, dari Anas bin Malik r.a. berkata,
"Nabi SAW biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, Beliau minum dengan satu tegukan air."
(HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Pertanyaannya, kenapa harus dengan kurma...
Jika berbuyka puasa, oragna pencernaan khususnya lambung membutuhkan sesuatu yang lebut biar bisa bekerja lagi dengan baik. Jadi makanannya harus yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan.

Keistimewaan Kurma.
Sedangkan dari sisi medis, buah kurma ini ternyata makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87 persen dan glukosanya sebanayk 55 persen, fruktosanya 45 persen lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B2, B12 dan sejumlah zat penting lain seperti kalsium, fosfor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng, florin, tembaga, salyolosa dan sebagainya.

Fraktosa akan diubah menjadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, kemudian dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-oragn inti seperti otak, syaraf, sel darah merah dan sel pembersih tulang.






Seperti yang kita ketahui, di ujung puasa setiap harinya, glukosa dan insulin dalam darah yang datang dari katup hati akan bergetar.
Artinya, proses buka puasa kita bakal meminimalisir pemakaian glukosa yang diambil dari organ hati dan sel-sel ujung seperti otot-otot dan sel syaraf menjadi sesuatu yang bisa menghilangkan setiap zat yang terkandung dalam gelokogen hati.


Kandungan Kurma.
Berdasarkan penelitian yang dilakukakn oleh Dr. Hisyam Syamsi Basya, dalam satu kurma itu mengandung:
  • Air 20-24 persen.
  • Gula 70-75 persen.
  • Protein 2-3 persen.
  • Serat 8.5 persen.
  • Dan sedikit sekali kandungan lemak jenuhnya (lechitin).
Sedangkan untuk kandungan kurma muda atau Ruthab adalah:
  • Air 65-70 persen.
  • Zat gula 24-58 persen.
  • Protein 1.2-2 persen.
  • Serat 2.5 persen.
Itulah beberapa kelebihan kurma yang menjadi menu favorit Nabi selama menjalankan ibadah puasa. Sangat disarankan untuk menjalankan tuntunan ini demi kesehatan selama berpuasa.

Terakhir...
Selamat menjalankan ibadah puasa.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Keajaiban Kurma | Menu Sahur dan Berbuka"

  1. Wah ini dia makanan di saat saya berbuka puasa. Kalo sudah makan kurma, ga bakal berhenti deh.

    ReplyDelete
  2. wah mantap gan blog nya oh ya search nya di ubah dikit dong supaya lebih bagus bentuk nya tuh

    ReplyDelete
  3. wah enak kali ya buka dengan kurma,nanti se-kali2 boleh di coba nih,iya gan s7 ma Aceh software search itu kayaknya ukurannya perlu diubah menobos dinding makin semangat gan dengan wajah barunya mantab

    ReplyDelete
  4. yups emang enak banget kurma itu.sungguh maha adil Allah swt,ditanah yg tandus di padang pasir tumbuh pohon yg mempunyai banyk khasiat
    support disini :D

    ReplyDelete
  5. favorit ane saat berbuka setelah cendoll..wwkwkk Wiehhh iya nih..wajah baru..keren2..lebih fresh..

    ReplyDelete
  6. Salam Persahabatan
    kang tomo ilmunya banyak ya semua ada hebat kang

    ReplyDelete
  7. saya juga membiasakan diri untuk berbuka dengan kurma, karena berbuka dengan kurma memang enak

    ReplyDelete
  8. Bukan Basa Basi lagi kalo KURMA emang Berkhasiat BGT diKonsumsi, tanpa pengawet & tanpa efek samping!!!
    MANTAAAF BGT Boss.

    ReplyDelete
  9. kurma emang benar2 baik untuk dikonsumsi selama bulan ramadhan

    kunjungan pagiiiii

    ReplyDelete
  10. Kurma dari dulu pe skarang tep banyak manfaat nya,. mungkin bentuk nya ya yg membedakan,. katanya jaman dulu tu kurmanya besar2...

    ReplyDelete
  11. mantap.. kurma ternyata banyak hasiatnya ya..

    ReplyDelete
  12. kalau boleh request ulas khasiat buah kesemek cari cari gak nemu heheh kira kira sama gak ya sama kurma

    ReplyDelete
  13. Mari hidupkan sunah makan kurma, karena terbukti banyak manfaatnya. Badan sehat, pahala dapat..

    ReplyDelete
  14. "Jika berbuka puasa, organ pencernaan khususnya lambung membutuhkan sesuatu yang lembut biar bisa bekerja lagi dengan baik."

    Mau koreksi sedikit. Bukan lambung membutuhkan sesuatu yang lembut untuk bisa bekerja dengan baik. Tapi sebaiknya lambung menerima sesuatu yang lembut, sehingga mudah dicerna, supaya tidak langsung "kaget" harus bekerja keras.
    Kurma pilihan yang baik, karena lembut, mengandung gula yang baik untuk pembakaran karbohidrat [pembentukan tenaga..

    Terus maksudnya "glukosa dan insulin dalam darah yang datang dari katup hati akan bergetar" bukan seperti yang dijelaskan.. :D

    ReplyDelete
  15. awalnya saya nggak suka sama buah kurma, tapi lama-kelamaan jadi doyan banget :D

    ReplyDelete
  16. Info yang bagus kawan
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  17. wahwahwah ...... aku suka tapi gak gitu suka sama kurma :D pake buah seadanya hehe ...

    ReplyDelete
  18. memang kurma sangat berkhasiat.
    sunnah Rasululah selalu benar.

    ReplyDelete
  19. kurma memang banyak khasiat. rasulullah selalu berbuka dengan kurma.

    ReplyDelete
  20. hmmm kurma jadi kangen ngerasain udah lama ga makan soalnya

    ReplyDelete
  21. Sebagai makanan khas di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  22. qurma memang cocok untuk berbuka puasa mas, karena rasa manis nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu juga banyak manfaatnya gan jadi gak salah kalau beli kurma walaupun harganya agak mahal dikit :)

      Delete
  23. wah, kalo udah makan kurma malah keterusan ane mah.. :D

    ReplyDelete
  24. ane setiap malam makan gan.. kira2 setelah taraweh gan

    ReplyDelete
  25. Buah kurma,,, buah yang diberkahi,,,

    ReplyDelete
  26. CIPADU HOLISTIC CENTER

    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC

    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.




    ReplyDelete
  27. Ngomongin makanan bikin semangat browsing lagi nih, untuk sobat yang lain nih da bingkisan browsing resep dari berbagai benua;
    Masakan Afrika
    Masakan Asia
    Masakan Daerah
    Masakan Eropa
    Masakan Timur Tengah

    ReplyDelete
  28. kurma sebagai buah nabi memang memiliki sejuta manfaat,apalagi kurma ajwa,bisa menghalangi dari gangguan sihir..subhanallah....

    ReplyDelete