Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Waktu adalah sesuatu yang sangat penting dalam menangani serangan jantung. Setiap menit di area jantung kekurangan darah dan oksigen serta banyaknya jaringan yang rusak atau mati. Nah jika darah dan oksigen jika darah dan oksigen dapat dihambat sehingga masih bisa mengalir ke jantung dan disimpan, maka kerusakan bisa dicegah.


Keberhasilan dari pertolongan pertama serangan jantung

ini juga bergantung dari berapa banyaknya daerah yang yang mengalami sumbatan. Semakin sedikit daerah yang tersumbat,maka kemungkinan sembuhnya lebih besar.



Rata-rata pasien yang mengalami serangan jantung meninggal karena keterlambatan pertolongan, beratnya serangan jantung yang terjadi dan masalah kemampuan pasien untuk operasi.
Jika Anda mencurigai seseorang yang mengalami serangan jantung, tindakan cepat dapat menolong menyelamatkan nyawanya.

Bahkan jika Anda tidak yakin ia terkena serangan jantung, jangan terlalu lama berfikir, tapi lakukanlah hal-hal sebagai berikut:
  • Dudukkan atau baringkan pasien.
  • Berikan aspirin jika ia tidak punya alergi.
Aspirin akan menghambat darah menggumpal dan membantu darah tetap mengalir ke arteri. Dengan mengunyah aspirin selama serangan jantung bisa menurunkan resiko kematian hingga 25 persen.
  • Langsung telepon nomor darurat rumah sakit terdekat, lalu jelaskan gejala yang dialami secara singkat dan jelas, seperti "Pasien mengalami sakit dada yang parah dan kesulitan bernafas."
  • Waktu 1 jam 90 menit sejak terkena serangan jantung sampai perjalanan ke rumah sakit diharapkan masih bisa memberikan pertolongan ke pasien.




Gejala dari serangan jantung ini adalah:
Gejala Serangan Jantung

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Pertolongan Pertama Serangan Jantung"

  1. Petunjuk yang sangat detail. Bermanfaat kawan.

    ReplyDelete
  2. sip ... belajar dari sini. terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Sekali lagi makasih dg info2nya....

    ReplyDelete
  4. Wah info yang bermanfaat gan, terima kasih gan semoga tidak ada yang tidak tertolong ketika sakit jantung menyerang

    ReplyDelete
  5. masin mantap saja ni tips-tips kesehatannya gan

    ReplyDelete
  6. nice info gan...jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  7. waduh bang kalo dah kejadian mah yg ada panik,.,nah mgkin abang tulisin jga tips utk menghindari panik saat darurat gini :D klik satu disini

    ReplyDelete
  8. Ass.wr.wb..
    Serangan jantung sangat menakutkan, kapan hari ayah teman sekantor meninggal juga kena serangan jantung mendadak. sewaktu nyari taksi datang terlambat dan meninggal tak tertolong.

    Info bagus, ini jadi ingat anak kecil yang depan rumah seruni-citra dulu. kasihan, masih kecil tapi jantungnya sudah bocor.....

    sugeng dalu kang...^_^

    ReplyDelete
  9. mantap buat orang orang yang sudah berumur

    ReplyDelete
  10. klo macet g cukup 2 jam gan...

    ReplyDelete
  11. Nah, ternyata begini pertolongan pertama pada serangan jantung :D

    ReplyDelete
  12. wahh lebih baik prtolongan ma yg lagi tenggelem bos..
    wokwokwok..

    ReplyDelete
  13. belakangan gua rada ngeri klo denger kata "jantung". Keseringan ngopi n begadang bikin jantung gua kadang berdebar tiba-tiba. Jangan-jangan....

    jangan sampe deh. Naudzubillah...

    ReplyDelete
  14. makasih infonya lumayan buat tambah wawasan :)

    ReplyDelete
  15. gagal jantung memang penyakit yang sangat menakutkan. makasih atas info yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  16. Postingaan yang bagus kawan
    izin simpan ya

    ReplyDelete
  17. Sederhana & mudah dipraktekkan tuh Boss... Pada intinya jangan panik aja kok!!!
    Info yg Penting Boss!!

    ReplyDelete
  18. tips yg bagus sekali, dan baik... :-)

    ReplyDelete