Jumat, 15 Juli 2011

Obat Stres Dalam Al Qur'an

Macam-macam persoalan pasti akan muncul kapan saja dan dimana saja selama kita ini masih bernafas di muka bumi. Namun perlu ditekankan bahwa meskipun ketika seseorang mengalami stres dan tekanan, jangan sampai menjadikan kita pesimis dan frustasi, apalagi sampai bunuh diri.

Bagaimanapun juga, apapun alasannya, bahwa semua penyakit dapat disembuhkan atau ada obatnya. Seperti sabda Rasullah, segala penyakit tentu ada obatnya. Jika Allah menciptakan suatu penyakit, maka Dia pun tentu menciptakan obatnya.



Nah untuk obat penyakit stres yang terkandung dalam kitab suci Al Qur'an, bahwa zikir lah obatnya. Sebagaimana ayat berikut ini.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya:
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."
(QS. Ar-Ra'd).

32 komentar:

  1. Mudah tp susah kalo disuruh melakukan. Kdng lbh memilih bunuh diri drpd dzikir.
    Smg kita trmasuk orang2 yg suka berdzikir amiinMudah tp susah kalo disuruh melakukan. Kdng lbh memilih bunuh diri drpd dzikir.
    Smg kita trmasuk orang2 yg suka berdzikir amiin

    BalasHapus
  2. wah ini baru obat mujarab, ngilangin stres...

    sip banget artikelnya... :)

    BalasHapus
  3. inilah Maha Besar Allah, orang yang paling bahagia di bumi ini adalah orang beriman.. kekayaan materi tidak ada apa-apanya dibanding kekayaan ayat-ayat suci di Al-qur'an, subhanalah

    BalasHapus
  4. ane sulit kang untuk membiasakan berdzikir...tapi akan ane coba dikit demi dikit..ane sulit kang untuk membiasakan berdzikir...tapi akan ane coba dikit demi dikit..

    BalasHapus
  5. Setuju. Dzikir memang cara yang paling ampuh. Selain stress hilang, kita juga bisa dekat sama Allah SWT :)

    BalasHapus
  6. memang benar-benar sempurna Al-Qur'an sobat :D
    nice info n makasi sdh berbagi

    BalasHapus
  7. tpi klo steres d ejek-ejek trus lbih baik bunuh dri aja..

    BalasHapus
  8. sedelapan dech,karna memang dengan dzikir kpd ALLAH hati akan mnjadi tentram apalagi kita mensyukuri smua pemberianNYA............

    BalasHapus
  9. tapi tetep ja abs zikir masalah ga tuntas gitu ja dan jdi stres lgi deh...

    BalasHapus
  10. lagi stress kaga ingat dech sma dzikir, ingatnya cma stress, gimana dunk?

    BalasHapus
  11. iya gn crnya ilangin stres apalagi g tau caranya???? kalo pikiran muter2 situ2 ja kan pusing.......

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..

    Segala Puji Bagi Allah SWT dan Nabi Muhammad sebagai utusan yang memberikan kabar gembira dan peringatan bagi manusia, Serta memberikan syari'at hukum2 hidup di dunia secara baik dan lurus untuk memudahkan jalan hidup di dunia dan di hari kemudian (Akhirat)

    Menurut pengalaman saya pribadi dzikir yg bisa menghilangkan stress:

    Jika memang benar datangnya dari Allah dan jika salah datangnya dari saya (manusia yg tak lepas dari khilaf dan gangguan syaitan) Semoga Allah mengampuni dosa2 saya baik yang sengaja maupun tidak sengaja. Baik sadar maupun tidak sadar..
    Sesungguhnya Allah Maha Pengampun Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    Sebelum melakukan dzikir terlbih dahulu yakinkan hati dan fikiran kalau Allah adalah Maha Pencipta Yang mengatur segala urusan makhluknya. Allah menciptakan Anda yg tadinya mati menjadi hidup lalu mematikannya lagi dan menghidupkannya lagi. Maka berterima kasihlah selalu kepada Allah karena telah menciptakan diri Anda, dgn cara bersyukur dan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sehingga ketika Anda dimatikan dan dihidupkan lagi sesungguh-Nya Anda akan dikembalikan kepada Allah Sang Pencipta. Dan Anda akan 'disidang' mengenai segala macam perbuatan amal dan ibadah yang sudah Anda lakukan di dunia.

    1. Dzikir dengan menyebut Asma Allah harus dengan tahu artinya.
    2. Bacaan dzikir yang dipilih kalau bisa disesuaikan dgn kondisi saat itu.
    3. Sholat 5 Waktu harus terus dijalankan. Dan lakukan dzikir sesudah sholat seikhlasnya sebanyak banyaknya dan semampunya hingga hati merasa tenang, sejuk, bersih, ikhlas dan damai.
    4. Pada Saat Shalat harus kusyu' dengan cara mengerti arti dan paham maksud bacaan doa'anya mulai iftitah sampai tahiyatul akhir dan raihlah kenikmatan dan kesejukannya ketika melakukan shalat dengan tau maknanya dan berserah diri (Insya Allah).
    5. Shodaqoh ke anak yatim dan fakir miskin. Ketika memberikannya sambil menyebut Asma Allah (Dzikir) dan sekali lagi harus tahu artinya dan bener2 meresapinya dan faham. Serta Ikhlas memberikan karna memang perintah Allah. Dan berusaha merasakan kenikmatan dan kesejukannya di hati Anda..


    Alhamdulillaahirabbilalamiin..

    BalasHapus
  13. gw stres bnyak hutang.....lebaran gw gk ada uang...:(

    BalasHapus
  14. stress suami ga pernah belain istri ortunya teruss yang dipikirin

    BalasHapus
  15. mertua selalu ikut campur dalam rumah tangga jadi strees....

    BalasHapus
  16. gimana ga strees suami ga pernah jujur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. NGAK USAH DIPIKIRIN SOAL ITU YANG PENTING SUAMI TANGGUNGJAWAB PADA KELUARGA.TUGAS ISTRI KERJAKAN DENGAN BAIK DAN IKHLAS.DAN YANG TERPENTING SERAHKAN SEMUA PADA ALLAH .MINTA YANG TERBAIK. KOREKSI DIRI DULU. BENAHI DIRI DULU JANGAN NYALAHIN YANG LAIN

      Hapus
  17. Bukan lagi stres tp udh mo putus asa, apalagi rasa benci krn perasaan dimanfaatin orang terdekat bikin tertekan. Tapi begitu ingat smua adalah miliknya harta, pasangan, ortu, anak, tubuh sampai nafas... tiada kekuatan melainkan Allah & aku pasrahkan hidup & matiku smua jg pasti trbaik untuk ku.... langsung lega :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU LEBIH BAIK,PASRAH,TAWAKAL,IKHLAS.MEMANG TAPI SULIT TETAPI KALAU INGAT ALLAH PASTI BISA .OK

      Hapus
  18. terima kasih atas informasi tersebut...

    BalasHapus
  19. AKU SUKA,SE-7 DEH

    BalasHapus
  20. tapi jangan dzikir2 an, seng ikhlas baru sembuhhh,,nek kumat ya dzikir teruuuusssss........

    BalasHapus
  21. Ya Allah, stress berat membuat saya nggak bisa tidur nih. perut jg terasa sakit, mual rasanya. Nafsu makan juga hilang...

    BalasHapus
  22. obat stres:
    ambil martil,pukul ujung jari kelingking tangan kiri tetapi jangan sampai mengenai kuku,setelah itu tunggu beberapa saat.

    BalasHapus
  23. Emang enak sich lw blg. tpi lw yg alamin bsa buntu tch otk , tdk tau mw ngapain lagi.

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil