Gejala Diabetes Pada Anak

Diabetes militus bukan saja menyasar pada orang dewasa, anka-anak serta remaja pun bisa menjadi target yang empuk, terlebih anak sekarang kurang gerak, suka makan makanan yang berlemak tinggi, garam dan gula.
Sungguh Beresiko.

Perlu diwaspadai memang, karena lebih dari setengah anak dengan diabetes akan mengalami komplikasi dalam waktu 15 tahun.
Bila tidak segera ditangani dengan baik, tidak menutup kemungkinan anak akan meninggal akibat penyakit terkait diabetes.

Disangka Sakit Flu.
Diabetes pada anak kerap salah didiagnosis. Ada yang menganggapnya sebagai flu, bahkan tidak ada diagnosis atau kecurigaan lebih lanjut sama sekali.
Kalangan medis pun masih banyak yang kurang cermat dalam mendiagnosis.

Keluhan yang dialami anak malah dikaitkan dengan asma, dehidrasi, sakit perut dan lain sebagainya.
Yang lebih fatal lagi, orang tua kerap mengkaitkan kondisi lemah pada anak sebagai tanda kekurangan zat gula, sehingga solusinya adalah dengan menambah asupan gula.
Bisa dibayangkan akibatnya kan, kadar gula dalam tubuh akan semakin melambung tinggi.

Gejala Diabtes Tipe 1.
Sebagai orang tua, alangkah baiknya kita mengenali gejala-gejala diabetes pada anak ini, karena semakin cepat terdeteksi maka akan semakin cepat pula ditangani.

Gejala diabetes tipe 1 pada anak timbulnya secara tiba-tiba.
Berat badan menurun drastis meskipun anak banyak makan, juga banyak minum dan banyak buang air kecil. Dan satu lagi yang mencolok yaitu anak yang tadinya tidak mengompol kini malah mengompol lagi.

Gejala Diabetes Tipe-2.
Sebagai akibat meningkatnya kegemukan di masa kanak-kanak dan gaya hidup kurang gerak, diabetes tipe 2 juga meningkat cepat pada anak dan remaja.
Di beberapa negara seperti Jepang, diabetes tipe 2 menjadi penyakit yang umum pada anak.

Pada diabetes tipe ini, tubuh biasanya dapat menghasilkan insulin, tetapi insulin tidak cukup atau tidak dapat bekerja dengan baik untuk menjaga agar kadar gula tetap normal.
Perlu dicurigai bila tengkuk anak mulai hitam, tetapi bukan karena kotor, dan inilah salah satu tanda adanya resistensi insulin yang mudah dikenali.




Tanda Peringatan Diabetes Pada Anak.
  • Sering Kencing (Mengompol).
  • Haus Berlebih.
  • Rasa Lapar Meningkat.
  • Kehilangan Berat Badan.
  • Mudah Lelah.
  • Kurang Minat dan Kurang Konsentrasi.
  • Penglihatan Buram.
  • Muntah dan Nyeri Perut, kerap salah diagnosis sebagai penyakit Flu.

Bila tanda-tanda seperti di atas ada pada anak, segera periksakan kadar gula darahnya. Bagi anak yang sudah didiagnosis mengalami diabetes, sebaiknya rutin memonitor kadar gula darah setiap hari pada awal terdiagnosis Diabetes Militus.

Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "Gejala Diabetes Pada Anak"

  1. PERTAMAX di amankan :D :D
    makasih dah berbagi
    smoga bermanfaat pula bagi yang lain :D

    ReplyDelete
  2. wah tenyata anak-anak juga bisa ke diabet ya.

    ReplyDelete
  3. wah... bahaya juga tuh... apalagi kalau disangka flu biasa, jadi orang berpikir gak perlu ke dokter...

    ReplyDelete
  4. ya.... saatnya ortu lebih waspada....

    ReplyDelete
  5. gara2 banyak yg jual junk food

    ReplyDelete
  6. Wah trnyt kita yg mudapun jg bs kena diabetes. Musti hati2 nich hehe

    ReplyDelete
  7. Umur berapa mass kalo terkena diabetes..

    ReplyDelete
  8. salam ain singgah cini .
    nak mintk tlg cument entry ni taw

    http://zurain93.blogspot.com/2011/07/saya-bertudung-dan-saya-sangat-pretty.html

    ReplyDelete
  9. hatur tengkyu atas informasinya

    ReplyDelete
  10. Tuh kan, diabetes aja udah menyasar ke anak2 :(

    ReplyDelete
  11. jadi seperti itu ya gan cara mendeteksinya, mantap gan informasinya

    ReplyDelete
  12. Wah penyakit berbahaya ini juga mengancam usia produktif & remaja serta anak2 , perlu wasapada nih, makasih gan infonya

    ReplyDelete
  13. informasi yang bagus sob, mantap

    ReplyDelete
  14. Sangat Bermanfaat Rekan,.... Thanks ya ,...

    ReplyDelete
  15. para ortu mesti kudu harus perhatikan pola makan juga kebiasaan anak2. Kasihan kalo sampe terkena penyakit ini.

    ReplyDelete
  16. untuk saat ini saya save dulu gan, mungkin nanti kalo punya anak tinggal dibuka2 lagi

    ReplyDelete
  17. wah gawat juga kalo kecil2 udh kena diabetes... kalo orang dewasa terkena diabetes bisa di kasih minum air rebusan kumis kucing.. tapi kalo anak kecil? :D

    ReplyDelete
  18. Great post, very informative. I think a lot of people will find this very useful.Keep post in coming future as well!!!

    ReplyDelete
  19. Makasih atas artikel diatas, kita bisa lebih memperhatikan gejala2 yang timbul pada anak supaya bisa membedakan mana flu biasa sama gejala diabetes.

    ReplyDelete
  20. @zhanaz45...tergantung gan..hehehe..kalo keturunan dari lahir berarti...
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  21. aku malah punya berat badan susah naik susah turun, jadi pas besok berat badan turun drastis , diabetes bisa dijadikan rujukan sementara sebelum ke dokter , hehe :)

    ReplyDelete
  22. Wah terima kasih sob infonya... coba nanti di cek tingkat resistensi insulin anak di rumah...

    ReplyDelete
  23. anak kami memiliki ciri2 tsb dan memang didiagnosa DM tipe 1

    ReplyDelete
  24. Sya punya anak perempuan usia 5 tahun,saat ini sdh 2 bln ia mempunyai luka yg menjadi borok di bagian kaki terutama di bagian telapak kaki.saya menduga ia terkena diabet krn mmg ada riwayat diabet di keluarga.
    Bagaimana solusi dan pengobatan yg harus sy lakukan,mohon bantuan dan infonya demi kesembuhannya :)

    ReplyDelete

Labels