Gejala Awal Diabetes Mellitus

Sebelumnya mari kita mengenal penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus ini.

Diabetes Mellitus adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan tanda-tanda glukosa darah atau sering disebut gula darah yang meningkat, dimana penyebabnya adalah terjadinya kelainan pengeluaran hormon insulin atau kerja insulin atau keduanya.

Glukosa darah yang meningkat mungkin saja menderita diabetes mellitus, akan tetapi hal itu belum pasti dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Glukosa darah normalnya kurang lebih antara 70-110 mg/dl.
Bila lebih dari nilai normal itu, berarti mengalamai kondisi prediabetik atau gangguan toleransi glukosa.

Gejala awal (umum) diabtes mellitus adalah:
  • Mudah lapar.
  • Mudah haus.
  • Sering kencing.
Bila Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah Anda menderita kencing manis atau tidak.





Pemeriksaan Dokter.
Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari:
  • Gula darah sewaktu
Apabila lebih dari 200 mg/dl, berarti Anda menderita sakit kencing manis.
  • Pemeriksaan TTGO (Tes toleransi glukosa)
Untuk TTGO, Anda bisa dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam.
  • HbA1c.
Bila lebih dari 7, berarti Anda menderita DM ini.






Cek Rutin Pasien.
Apabila Anda menderita diabetes mellitus, pemeriksaan yang rutin harus Anda lakukan adalah:
  • GDP.
  • Glukosa 2 jam setelah makan.
  • HbA1c.
  • Kolesterol total.
  • LDL.
  • HDL.
  • Trigliserida.
Atau pemeriksaan-pemeriksaan lain untuk pembuluh darah.

Demikian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Gejala Awal Diabetes Mellitus"

  1. Saya juga suka lapar sob,,, cuman gak sering kencing kecuali banyak minum. Alhamdulillah sudah test masih normal...

    ReplyDelete
  2. DIABETES MELLITUS emang Penyakit yg MENAKUTKAN karna sangat Berbahaya & Akibatnya Sangat Fatal!!
    Sekali Terkena maka akan Sulit juga pengobatannya... Untuk itu mencegahnya adalah yg TERBAIK!!
    MAKASI INFOnya Boss...SALAM SUKSES!!

    ReplyDelete
  3. nice info sob..nambah ilmu deh..thanks..jgn lupa jga komen balik di blogku ya

    ReplyDelete
  4. wew ... sungguh bermanfaat nih bang ... hehehe ... meski belum mendapatakan gejala seperti ini ... tapi moga aja nggak ... ini bisa mempercepat dan mempermudah saya mendeteksi penyakit ini kalau terjadi gejala seperti berikut di atas kan ... terima kasih

    ReplyDelete
  5. Saya merawat nenek brpenyakit diabetes. dikit2 tahu ttng pnykt ini HeheSaya merawat nenek brpenyakit diabetes. dikit2 tahu ttng pnykt ini Hehe

    ReplyDelete
  6. kasihan kalau ada orang yang kena penyakit nie, mau makan pasti banyak pantangannya :(

    ReplyDelete
  7. wah bagus banget nih infonya jadi tahu berapa normalnya... :)

    ReplyDelete
  8. wah, kok ngasih komentarnya pada ngeri gitu sh.
    wah, kok ngasih komentarnya pada ngeri gitu sh.

    ReplyDelete
  9. Bila yang mempunyai ayah, atau ibu bahkan kakek nenek yang mempunyai riwayat penyakit Gula (DM) maka perlu untuk lebih berhati-hati lagi.Karena kemungkinan untuk terjangkiti penyakit DM lebih mudah lagi daripada yang tidak mempunyai riwaayat keluarga.
    Nice info gan..senang baca-baca artikel kesehatan di sini.
    Lanjutkan mas...

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum...
    Terima kasih. Jazakalloh.

    Mohon maaf lahir batin bila byk merepotkan, salah sikap n berucap.

    ReplyDelete
  11. saya belum tes, kayanya harus tes, hehe...

    ReplyDelete
  12. bagus gan alatnya buat ukur kadar glukosa dalam darah, mantap dahh

    ReplyDelete
  13. makasih infonya sob... sangat berguna sekali..

    ReplyDelete
  14. wah ko sama dengan di gejala awal ya, harus segera periksa ni

    ReplyDelete